Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

55 ANAK IKUTI KHITANAN MASSAL PUSKESMAS RAPAK MAHANG

Senin, 24 Oktober 2016

“Ini kegiatan Bakti Sosial, dalam rangka HUT Bank Kaltim ke 51. Kebetulan kegiatan ini bekerjasama dengan Dinkes Kukar (Puskesmas Rapak Mahang)”

TENGGARONG – Sebanyak  55 anak yang berasal dari keluarga tidak mampu, mengikuti khitanan atau sunatan massal yang dilaksanakan Puskesmas Rapak Mahang bekerja sama dengan Bank Kaltim Cabang Tenggarong. Kegiatan berlangsung di Aula Puskesmas Rapak Mahang Jalan Pesut Tenggarong, Kukar, Kamis (20/10) pagi. Kegiatan yang berlangsung selama 2,5 jam ini merupakan Bakti Sosial memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bankaltim yang ke 51 tahun, yang jatuh pada 14 Oktober 2016 lalu.

“Ini kegiatan Bakti Sosial, dalam rangka HUT Bank Kaltim ke 51. Kebetulan kegiatan ini bekerjasama dengan Dinkes Kukar (Puskesmas Rapak Mahang). Jadi Puskemas memfasilitasi tempat dan obat peserta khitanan, tenaga medisnya difasilitasi oleh Dinkes,” kata Wakil Ketua Panitia Bakti Sosial, Yoedha Dharma.

Sementara dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Koentijo Wibdarminto menyatakan bahwa wujud kemitraan seperti ini sangat membantu, “Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk menanggulangi masalah-masalah kesehatan, peran CSR diperlukan”. Kemitraan dengan CSR BPD cabang Tenggarong juga melaksanakan operasi katarak di Puskesmas Rimba Ayu dan Kota Bangun. Berharap kemitraan ini semakin ditingkatkan ke depannya, agar keberadaan BPD Kaltim dapat dirasakan masyarakat luas, khususnya di bidang kesehatan bagi warga Kukar dan sekitarnya, pungkasnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan bakti sosial ini, dilaksanakan untuk membantu warga yang kurang mampu. Untuk itu, salah satu syarat untuk mengikuti bakti sosial khitanan massal ini, adalah memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan di wilayah Tenggarong dan sekitarnya.

Sebenarnya kegiatan ditargetkan untuk 51 anak saja, karena sesuai dengan umur Bank Kaltim itu sendiri. Namun karena peminat banyak dan pihak medis sanggup, maka total ada 55 anak yang mengikuti kegiatan ini.

“ Harusnya, kegiatan ini dilaksanakan saat HUT Bankaltim ke 51 pada 14 Oktober 2016 lalu. Namun karena ada benturan dengan UTS (Ujian Tengah Semester) maka diundur hari ini (Kemarin, Red),” bebernya.

Selain kegiatan ini, Bank Kaltim juga melaksanakan serangkaian kegiatan saat HUT Bankaltim seperti donor darah kerjasama PMI, memberikan suprize pada nasabah yang tanggal dan bulan kelahiran sama dengan Bankaltim, serta memberikan santunan kepada pesantren dan panti asuhan.

“Ada empat pondok pesantren dan panti asuhan yang dibantu,” kata Yoedha Dharma, yang menjabat Penyelia Prioritas Bankaltim Cabang Tenggarong.

Terpisah, Kepala BLUD Puskesmas Rapak Mahang, Eko M mengaku senang dengan kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan bakti sosial untuk kesehatan, bukan hanya tugas bagian rumah sakit atau Puskesmas, melainkan tugas bersama. 

“ Kita bersyukur dengan kegiatan ini, kami harap ini bisa terus terlaksana sehingga warga bisa terbantu,” terangnya. (WAA/Rian)

Simpan sebagai :

Berita terkait :