Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

AGENDA HKN KE-53 : BAKSOS OPERASI KATARAK ILUNI UI DI KUKAR

Senin, 13 Nopember 2017

“Kegiatan ini merupakan Bentuk Pengabdian ILUNI UI bekerjasama dengan Dinkes Kukar Dalam Agenda Peringatan HKN Ke-53” Ujar Kabid Yankes

 

KUKAR : Untuk mengisi agenda peringatan Hari Kesehatan Kesehatan Nasional Ke-53 Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) wilayah Kalimantan Timur mengadakan kegiatan Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan operasi Katarak di Kutai Kartanegara yang dipusatkan di Puskesmas Kecamatan Sanga-Sanga. “Kegiatan ini merupakan wujud dari pengabdian masyarakat Tri Darma Perguruan Tinggi ILUNI UI untuk berkontribusi mendukung pembangunan kesehatan khususnya pembangunan sumber daya manusia di Kukar yang didukung oleh Perdami,  Pollux Habibie Vision dan Dinkes Kukar” Ujar  kabid Yankes melalui Sri Suharti Kasie Yankesdas saat ditemui di Puskesmas Sanga-sanga.(11/11).

Lebih lanjut Sri Suharti mengatakan bahwa Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak yang dilaksanakan di Kukar ini, dimotori oleh ILUNI UI bekerja sama dengan Yayasan Pollux Habibie Vision, Persatuan Dokter Spesialis Mata (Perdami) Cabang Kaltim, Ikatan Alumni Fakultas Kedokterasn Universitas Lambung Mangkurat, Dinkes Propinsi dan Dinkes Kukar. Sebenarnya  kegiatan mereka bukan hanya di Kukar namun juga di tiga kabupaten kota lainnya seperti Kota  Samarinda, Kabupaten  Paser dan Kutim.

Ia juga menjelaskan bahwa, sasaran kegiatan ini diutamakan adalah masyarakat yang kurang mampu oleh karena itu pasien tidak dikenakan biaya operasi maupun perawatan paska operasi.

Berkaitan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-53, ia juga mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial operasi katarak sudah menjadi bagian dari agenda inti peringatan Hari Kesehatan Nasional di Kutai Kartanegara. “kegiatan ini masuk dalam agenda peringatan HKN ke-53 di Kukar”  Ungkap Sri.

Ia juga menjelaskan bahwa target kegiatan pelayanan operasi katarak ini sebanyak lima puluh orang, namun hanya 39 pasien yang bisa ditangani. “Tidak semua pasien bisa dilakukan tindakan oleh karena faktor kondisi umum pasien tersebut” beber Sri.

 

 

Terkait dengan kegiatan berikutnya, ia menjelaskan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan secara bertahap di Kabupaten Kutai Kartanegara. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan ILUNI UI tentang lokasi kecamatan tempat kegiatan operasi katarak selanjutnya. ”Kami rencakan Kecamatan Loa Kulu, Kembang Janggut dan Rimba Ayu merupakan lokasi kegiatan baksos selanjutnya” Pungkas Sri. 

 

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 23
Hari ini: 15
Total: 10278