Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

BPJS SELENGGARAKAN MENTORING DOKTER SPESIALIS BAGI FKTP KUKAR

Kamis, 30 Nopember 2017

“Selain Peningkatan Kualitas SDM, Sarana Dan Prasarana  Puskesmas Harus Kita Benahi Untuk Menepis Stigma Tentang Pelayanan Bagi Peserta BPJS Yang Seadanya, Seenaknya Dan Secukupnya” Kadinkes Kukar

KUKAR : Untuk menguatkan fungsi Puskesmas, Klinik dan  Dokter Praktek Mandiri sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, maka BPJS Cabang Samarinda bekerja sama dengan Dinkes Kukar menyelenggarakan kegiatan mentoring dokter spesialis bagi FKTP se Kukar. “Kegiatan ini memberikan kontribusi positif bagi Puskesmas, klinik dan dokter praktek mandiri di Kukar untuk mengoptimalkan pelayanan bagi peserta BPJS” Ujar Koentidjo Kadinkes Kukar saat memberikan sambutan pertemuan mentoring dokter spesialis bagi FKTP di Hotel Grand Fatma Tenggarong (28/11).

Lanjut Koentidjo mengatakan bahwa Selain peningkatan kualitas SDM maka upaya yang tidak kalah pentinganya adalah meningkatkan sarana dan prasarana Puskesmas serta pendukungnya. “Sarana dan prasarana Puskesmas harus kita benahi untuk menepis stigma tentang pelayanan bagi peserta BPJS yang seadanya, seenaknya dan secukupnya”Ujar Koentidjo.

Ada beberapa peran pemerintah daerah untuk menyukseskan program JKN, khususnya upaya yang sudah dilakukan oleh dinas kesehatan Kukar. Yang pertama, saat ini beberapa Puskesmas sudah menerapkan Sikda Generik bridging P-Care. Proses ini nantinya diharapkan menjadi sistem informasi tunggal yang bisa mengintegrasikan dari banyak sistem informasi yang masih terfragmentasi. “Integrasi sistem ini diharapkan tidak lagi membingungkan FKTP” Ungkapnya.

Yang kedua, dalam tiga tahun terkahir ini pihaknya sudah membenahi sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas dan jaringannya. Artinya berkaitan dengan jaminan kesehatan nasional, tidak hanya berbicara tentang peningkatan SDM namun juga berbicara kualitas pelayanan yang sama bagi semua golongan dan status sosial.

“Kita melihat kedepan, Bagaimana masyarakat bisa puas kalo mendapatkan fasilitas pelayanan tidak baik” Ungkap Kuntidjo. Kepercayaan peserta  tidak mungkin tercapai kalau tidak dibarengi dengan perbaikan sarana dan prasarana serta perbaikan kualitas pelayanan dari petugasnya.  

Berkaitan dengan hal tersebut menurutnya puskesmas bukan hanya sebagai “goal keeper” dan “filter” namun yang lebih penting lagi puskesmas sebagai “striker” untuk penanganan kasus-kasus pertama. “FKTP juga sebagai striker untuk melakukan pertolongan pertama pada setiap kasus” Beber Koentidjo

Sementara itu, dokter Irfan Kepala BPJS Cabang Samarinda, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan mentoring dokter spesialis ini untuk menambah kompetensi medis bagi para dokter di Puskesmas, klinik maupun praktek mandiri. Dengan ini dapat terjadi peningkatan kemampuan berbagai kasus dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan khususnya pada kasus Diabetes Melitus peserta BPJS. Dalam menyelenggarakan kegiatan ini pihak BPJS juga bekerja sama dengan pengurus IDI Kukar untuk menyediakan nara sumber. “Kami bekerja sama dengan IDI Kukar untuk mendukung kegiatan ini “ Ujar Irfan.

Dalam kegiatan mentoring ini, peserta dibekali tentang materi Penatalaksanaan dan workshop penanganan luka penderita Diabetes Melitus yang disampaikan oleh nara sumber dari pengurus IDI Kukar, dokter Satrio spesialis penyakit dalam dan dokter Julianoes Adam.

Pada akhir sesi, Koentidjo berharap bahwa pihak BPJS dalam melakukan evaluasi pelayanan FKTP bukan hanya memantau penerapan KBK nya, namun juga menerapkan survai kepuasan pelanggan melalui peran pihak ketiga secara independen tanpa diketahui oleh FKTP khususnya puskesmas tersebut. Pola evaluasi ini merupakan bagian dari quality improvement dimana melihat keberhasilan pelayanan dari sisi kepuasan pasien. “survai ini akan memberikan kontribusi positif bagi BPJS sekaligus bisa memberikan teguran edukatif bagi FKTP yang sudah bekerja sama” Pungkas nya

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 24
Hari ini: 12
Total: 9787