Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

DINKES KUKAR GANDENG STIKES MUHAMMADIYAH SAMARINDA

Jumat, 26 Februari 2016

SAMARINDA : Mengingat tantangan permasalahan kesehatan semakin komplek, Dinkes Kukar lakukan upaya menggalang dukungan dengan berbagai pihak dalam mengatasi hak tersebut. Disamping itu, Dinkes Kukar mulai melakukan penataan terkait kegiatan civitas academica dari berbagai perguruan tinggi yang melakukan aktifitasnya diwilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, agar apa yang mereka dilakukan dapat bermanfaat bagi untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Kukar. Hal ini dikatakan Sahat Mangasi Sekretaris Dinkes Kukar saat kunjungan kerja ke Stikes Muhammadiyah Samarinda (18/2).

 

 

 

Menanggapi hal tersebut, Sahat menjelaskan pihaknya mulai menerapkan kebijakan untuk melakukan penataan terkait dengan kegiatan civitas academica dari berbagai perguruan tinggi. Kebijakan ini diarahkan setiap Perguruan Tinggi terbuka untuk bekerja sama secara formal dengan Dinkes Kukar agar kegiatan civitas academica lebih terarah mendukung puskesmas setempat untuk mengoptimalkan kualitas kesehatan masyarakat.

 

Pada kesempatan itu juga, Dinkes Kukar dan Stikes Muhamadiyah menyepakati untuk membangun kerja sama formal dalam rangka mendukung kegiatan praktek klinik dan belajar lapangan, penelitian, magang dan pengabdian masyarakat bagi mahasiswa dan dosen. Sahat berharap kegiatan ini akan mempunyai dampak terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan kualitas civitas academica.

 

Lebih lanjut secara teknis, pihak Stikes akan membuat petunjuk pelaksanaan masing-masing kegiatan dan Dinkes Kukar akan membuat prosedur tetap serta melakukan koordinasi dengan seluruh puskesmas di Kukar untuk mendukung kegiatan dalam kerja sama tersebut.

 

Secara garis besar seluruh kegiatan civitas academica yang berlokasi di wilayah Kukar khususnya di wilayah kerja Puskesmas maka pihak Stikes melakukan koordinasi dan melaporkan seluruh hasil kegiatan kepada Dinkes Kukar, agar hasil dari kegiatan tersebut dapat dipergunakan untuk kebijakan manajemen perencanaan di Puskesmas maupun Dinkes  Kukar.

 

Demikian sebaliknya, dengan koordinasi lebih awal maka, Puskesmas dan Dinkes lebih siap mendukung dan mengarahkan kegiatan civitas academika menjadi lebih optimal manfaatnya bagi masyarakat.

 

Disisi lain Sahat menyarankan pihak Stikes Muhammadiyah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai induk organisasi pemerintah dari seluruh SKPD agar proses kegiatan civitas academica pada SKPD lain di Kukar dapat lebih mudah prosesnya.

 

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 25
Hari ini: 37
Total: 9762