Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

DINKES BENTUK TIGA POSKO SUKSESKAN ERAU

Senin, 24 Juli 2017

“Dinkes menghimbau kepada Puskesmas yang sering dilintasi selama Erau berlangsung, untuk bisa berjaga” Kadinkes Kukar

TENGGARONG- Demi mensukseskan pelaksanaan Festival Kesenian Rakyat Internasional V, dalam rangka Erau Adat Kutai 2017, dari tanggal 22-30 Juli 2017, khususnya bidang penangganan kesehatan, Dinkes Kukar telah membentuk tiga posko kesehatan.

“Kita sudah bentuk tiga posko kesehatan, ada di Stadion Rondong Demang, Hotel Grand Elty, dan Hotel Gran Fatma,”kata Kadinkes Kukar, Koentijo Wibdarminto, melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, Imam Pranawa Utama.

Imam menambahkan, tiap posko dibagi berbagai shif jaga, seperti di Stadion Rondong Demang, yang menjadi pusat pameran UMKM, dibagi dua shif, siang dan malam. Sedang di dua hotel yang didiami peserta dari mancanegara terbagi menjadi tiga shift, pagi, siang dan malam atau 24 selalu siap melayani.

“Setiap posko sudah disiapkan seorang dokter dan perawat, tenaga dokter diambil dari Puskesmas Mangkurawang yang memiliki lebih banyak dokter” Ujar Imam.

Selain tiga posko, dinkes juga menyediakan sebanyak enam mobil siaga yankes yang siap dipergunakan ketika dalam kondisi kritis dan kegawatdaruratan, hal ini merupakan partisipasi dari enam puskesmas yaitu Loa Ipuh, Rapak Mahang, Mangkurawang, Teluk Dalam, Loa Kulu dan Sungai Meriam.“Enam mobil puskesmas sudah siap digunakan,”ujarnya.

Masih menurut Imam, Dinkes juga sudah menghimbau kepada Puskesmas yang sering dilintasi selama Erau berlangsung, untuk bisa berjaga, dikhawatirkan ada kondisi tertentu yang sangat membutuhkan pelayanan puskesmas, seperti Puskesmas Sungai Merdeka,  Batuah dan Loa Janan yang berada di jalur poros Samarinda-Balikpapan, ini merupakan jalur utama untuk menuju ke Tenggarong, jika suatu hal terjadi, maka puskesmas harus siap membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Tidak ketinggalan juga, dinkes sudah meminta kepada manajemen RSUD AM Parekesit Tenggarong Seberang, menyiapkan dua ruangan khusus untuk pelayanan kesehatan selama Erau berlangsung.

“Tugas tim kesehatan akan berakhir tanggal 31 Juli 2017, atau saat peserta Erau dari Negara asing meninggalkan Kaltim nanti,”jelasnya.

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 66
Hari ini: 9
Total: 9008