Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

DINKES KUKAR “BERJUANG” RAIH PENGHARGAAN PANJI KESEHATAN

Rabu, 1 Nopember 2017

“Ini Merupakan Penghargaan Keberhasilan Program Kesehatan Bagi Kabupaten atau Kota Yang di Apresiasi Dalam Bentuk Panji” Ujar Sekdinkes Propinsi Kaltim

KUKAR : Kutai Kartanegara melalui Dinas Kesehatan tahun ini  berjuang lagi untuk meraih kembali Penghargaan Panji Kesehatan Propinsi Kaltim. Pada tahun sebelumnya Kukar mampu meraih penghargaan Panji Kesehatan tersebut setelah Bontang dan Balikpapan. “Tahun ini kami berharap mendapatkan penghargaan Panji  Kesehatan dengan kualitas capaian lebih baik dari tahun sebelumnya” Ujar Boma Sekretaris Dinkes Kukar saat menerima Tim Verifikator Berkas Penilaian Panji Kesehatan dari Dinkes Propinsi Kaltim. (31/10)

Menurut Boma, Kukar sangat layak mendapatkan Panji Kesehatan karena prestasi yang diraih Pemkab Kukar di bidang kesehatan sangat banyak. Bahkan, saat ini sebagian Puskesmas sudah terakreditasi dan seluruh Puskesmas Kukar sudah berstatus BLUD. Prestasi teranyar, Puskesmas Rapak Mahang mendapatkan kategori tiga besar Puskesmas berprestasi tingkat Nasional.

Sementara itu, Andi Ishak Sekretaris Dinkes Propinsi yang sekaligus menjadi Ketua Tim Verifikator menjelaskan, bahwa penilaian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi keberhasilan pembangunan kabupaten kota yang diwujudkan dalam bentuk panji. “ Kami akan memotret gambaran keberhasilan yang sudah dilakukan oleh kabupaten kota dan mendalami apakah berdampak pada pencapaian tujuan untuk menyejahterakan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat” Ungkapnya.

Salah satu ukuran keberhasilan dalam penilaian ini adalah pencapaian Standar Pelayanan Minimal  (SPM) Bidang Kesehatan. Pencapaian SPM ini bukan hanya gambaran keberhasilan Dinas Kesehatan namun juga keberhasilan sektor terkait lainnya. “Keberhasilan SPM juga merupakan keberhasilan pemerintah daerah, apabila tidak berhasil maka ada sangsi bagi kepala daerah” Ungkap Andi.

Dalam penghargaan Panji Kesehatan ini, indikator penilaiannya bukan saja pada keberhasilan SPM, manajemen keuangan dan sarana pendukung  lainnya, namun dilihat juga dampak dari keberhasilan indikator pembangunan kesehatan tersebut.

 

Terkait dengan proses penilaian Panji Kesehatan pada hari ini (selasa,31/10) Boma mempersilahkan Tim Verifikasi Dinkes Propinsi melakukan wawancara dan mendalami dokumen yang sudah disediakan jajaran Dinkes Kukar. Pihaknya berharap dokumen yang sudah disiapkan memenuhi syarat dan sesuai ketentuan Tim Verifikasi yang selanjutnya Dinas Kesehatan layak mendapatkan Penghargaan Panji Kesehatan dari Pemerintah Propinsi Kaltim. (waa)

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 4
Hari ini: 17
Total: 10279