Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

DINKES KUKAR LAKUKAN IVA TEST GRATIS DI KELURAHAN LOA TEBU

Senin, 25 September 2017

“Kerjasama dengan Dinkes Propinsi, menjaring Risiko Kanker Leher Rahim dan Payudara di Kutai Kartanegara” Kabid P2PL

 

TENGGARONG : Kanker Leher Rahim dan Payudara, masih menjadi momok bagi sebagian besar kaum wanita di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan sendiri bagi jajaran sektor kesehatan berupaya mengatasinya. Menghadapi  kondisi tersebut Dinkes Kukar bekerja sama dengan Dinkes Propinsi Kaltim melakukan kegiatan screening risiko kanker leher rahim dengan menggunakan metode IVA Test khususnya di dua wilayah Puskesmas yaitu Mangkurawang dan Loa janan. “Saat ini kami sedang lakukan screening (IVA Test) gratis bagi ibu-ibu di Kukar khususnya di Kelurahan Loa Tebu wilayah Puskesmas Mangkurawang bekerjasama dengan Dinkes  Propinsi Kaltim, sebagai bentuk upaya deteksi dini risiko Kanker leher rahim” Ujar  Kabid P2PL Dinkes Kukar melalui Dila, Petugas teknis Lapangan, saat ditemui dilokasi Balai Desa Kelurahan Loa Tebu (23/9).

Lanjutnya, kegiatan screening kali ini dipusatkan di wilayah Puskesmas Mangkurawang dan Loa Janan serta dilakukan secara bertahap mulai bulan Mei yang lalu. Sebelum  dilakukan pemeriksaan IVA Test kegiatan didahului dengan penyuluhan dengan topik resiko penyakit kanker leher rahim dan payudara oleh dokter Bernadus, Tenaga Spsesialis Kebidanan dari RSUD AM. Parikesit.

 

Target sasaran dalam kegiatan ini sebanyak 700 orang yang bukan peserta BPJS dari dua wilayah puskesmas tersebut, yang dilakukan secara bertahap mulai bulan Mei yang lalu sampai akhir tahun ini. Untuk wilayah Puskesmas Loa Janan target 350 orang sudah selesai dilakukan, sedangkan untuk wilayah Puskesmas  Mangkurawang (Kelurahan Loa Tebu) sudah dilayani 72 orang, sisanya akan dilakukan screening pada Oktober mendatang. “Untuk target sasaran selanjutnya, screening akan dilakukan di Kota tenggarongg pada Bulan Oktober mendatang bekerja sama dengan salah satu klinik swasta sebagai tempat kegiatannya” Ungkap Dilla.

Menurut Dilla, dari hasil screening IVA Test di Kelurahan Loa Tebu didapatkan dua  pasien dengan positif IVA  dan sudah dirujuk ke dokter spesialis kebidanan RSUD AM. Parikesit. Selanjutnya, pasien tersebut akan ditangani oleh pihak rumah sakit untuk proses penanganan dan pengobatannya.

“Dari 72 orang yang kami lakukan screening, didapatkan dua orang dinyatakan positif IVA namun bukan positif kanker, penanganan dan penentuan status pasien selanjutnya ditentukan oleh hasil pemeriksaan oleh dokter spesialis rumah sakit” Pungkas Dilla.

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 64
Hari ini: 9
Total: 9008