Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | RaGaPanTas ( Gerakan Keluarga Peduli Pencegahan & Atasi Stunting ) | Better Information - Better Decision - Better Health

DINKES KUKAR SERIUS TANGANI KEMATIAN IBU

Rabu, 7 Agustus 2019

Tenggarong -  Angka Kematian Ibu ( AKI ) di Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar ) menurun dari 35 kasus pada tahun 2017 menjadi 22 kasus pada tahun 2018 ( Profil Dinas Kesehatan  kabupaten Kutai Kartanegara 2018 ).

Maternal Death atau Kematian Ibu adalah kematian yang terjadi saat kehamilan atau selama 42 hari sejak terminasi kehamilan,tanpa memperhitungkan durasi dan tempat kehamilan, yang disebabkan atau diperparah oleh kehamilan atau pengelolaan kehamilan tersebut, tetapi bukan disebabkan kecelakaan atau kebetulan.( WHO,2004 )

Dinas Kesehatan Kabupaten Kukar terus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan AKI, dimulai dengan  melakukan Root Cause Analysis untuk mencari penyebab  kematian ibu di Kutai Kartanegara bekerjasama  dengan Adelaide University dan dilanjutkan dengan penyusunan program dan kegiatan untuk mengatasinya.

Salah satu kegiatannya adalah melakukan pelayanan spesialistik di Puskesmas  dengan melibatkan dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Rumah sakit di wilayah kabupaten Kukar.

“ Selain pelayanan spesialistik ini , kami juga telah membuat Hotline Maternal bekerjasama dengan Rumah sakit yang ada di Kukar , Membuat Inovasi  Form Indeks Rujukan  sebagai acuan bagi bidan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk merujuk ke  Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL)  dan meningkatan knowledge bidan di Fasilitas Kesehatan (Faskes)  yang ada di Kukar” Ujar Kabid Kesmas dr. Aulia.

 

 

 

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 7
Hari ini: 48
Total: 14930