Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

DINKES SIAPKAN TENAGA MEDIS POSKO TERPADU HADAPI LEBARAN

Kamis, 15 Juni 2017

“Libur Lebaran,  Dinkes Perintahkan Puskesmas Kukar Tetap Beri Pelayanan Kesehatan Khususnya Kasus Emergency” Kadinkes Kukar

 

Kukar : Sudah menjadi agenda rutin tahunan masyarakat Indonesia termasuk Kukar merayakan Idul Fitri. Kegembiraan hari raya Umat Islam dinikmati semua kalangan dibarengi dengan berbagai resiko baik di rumah maupun di jalan. Mengantisipasi keadaan ini Dinas Kesehatan dan jajarannya bersama kepolisian, rumah sakit dan sektor terkait menyiapkan Posko Pelayanan Kesehatan Terpadu  di beberapa titik rawan kecelakaan. “Untuk mengantisipasi titik rawan kecelakaan dan resiko masa lebaran, Dinkes memerintahkan Sepuluh Puskesmas di Kukar akan tetap buka menjadi Posko kesehatan, selebihnya membuka pelayanan emergency, ditambah satu posko kesehatan bergabung dengan Posko Terpadu di Kilometer 54 Bukit Suharto Tahu Sumedang dan Posko Kesehatan Pulau Kumala Tenggarong” Ujar Kuntidjo Kadinkes Kukar saat rapat koordinasi pengamanan lebaran di Dinkes Kukar (15/6). 

 

 

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh kadinkes Kukar dihadiri oleh jajaran Polres, seluruh RSUD dan Puskesmas se Kukar. Kuntijo mengatakan bahwa untuk mengantisipasi resiko kecelakaan dan kesakitan yang terjadi di masyarakat pada masa lebaran maka ia memerintahkan Puskesmas Kukar untuk tetap membuka layanan khususnya kasus emergency, namun untuk Puskesmas dengan lokasi rawan kecelakaan seperi Puskesmas Sungai Merdeka, Batuah , Loa Janan, Prangat, Rimba Ayu, Kota bangun,  Bunga Jadi, Sebulu II, Teluk Dalam dan Separi III menjadi Posko Kesehatan 24 Jam, ditambah dengan Posko Kesehatan Pulau Kumala dan posko kesehatan yang bergabung Posko terpadu di Kilo meter 54 Tahu Sumedang.

sementara itu, Sri Suharti Kasi Yankesdas Dinkes Kukar, memberi penjelasan tambahan bahwa selama masa lebaran beberapa Puskesmas di Kukar yang tidak masuk dalam wilayah rawan kecelakaan tetap memberikan pelayanan kesehatan khusus kasus emergency dan terkait dengan kesediaan obat-obatan maka pihaknya sudah menyiapkan logistik dan obat-obatan dengan jumlah yang cukup selama masa tersebut.

 

 

Ia menambahkan minggu yang lalu, Tim koordinasi Pelayanan Kesehatan yang berada di Posko terpadu  KM54 melakukan simulasi penanganan kecelakaan, hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi resiko kecelakaan. Disamping itu pihaknya sudah menyiapkan tenaga medis khusus di Posko tersebut. “Kami menyediakan enam tenaga perawat yang sudah dibekali ketrampilan BTCLS mahir dalam penanganan kasus-kasus kecelakaan ” Ujar Sri Suharti.

Simulasi tersebut dilaksanakan pada tangggal 8 Juni yang lalu yang dihadiri  Dinas PU, Perhubungan, Jasa Marga, Puskesmas, Dinkes Kukar, RSUD dan Polda Kaltim”Terang Sri.

 

 

“Meskipun seluruh petugas kesehatan siap melayani masyarakat masa lebaran, namun ia berharap masyarakat lebih cerdas dalam berperilaku sehat dan aman agar supaya resiko kecelakaan dan kesakitan lebih dapat dihindari” Pungkas Sri.

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 92
Hari ini: 28
Total: 5627