Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

DPRD PENAJAM KUNJUNGAN KERJA KE DINKES KUKAR

Rabu, 20 April 2016

Tenggarong : “Pelajari Peraturan Tarif Rumah Sakit, Penerapan PPK-BLUD Puskesmas dan Integrasi Jamkesda Kukar ke BPJS” Sejumlah anggota Pansus Dua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Kukar. Kunjungan mereka langsung dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD  dari Partai Golkar dengan tujuan mendalami regulasi terkait Peraturan Daerah tentang tarif rumah sakit umum,  penerapan PPK-BLUD Puskesmas dan Integrasi Jamkesda Kukar Ke BPJS. Kunjungan ini langsung diterima oleh Koentijo Kepala Dinas beserta jajaran pejabat eselon III dan IV di Ruang Pertemuan Dinkes Kukar (15/2).

 

 

 

Lanjut Koentijo, Ada tiga Rumah Sakit Umum Daerah di wilayah Kukar dengan status yang berbeda. Dua rumah sakit berstatus BLUD yaitu RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang dan RSUD Abadi Samboja dan satu rumah sakit yang belum berstatus BLUD yaitu RSUD Dayaku Raja Kota Bangun. Berbeda dengan dua rumah sakit yang sudah BLUD, maka RSUD Dayaku Raja didirikan dengan konsep tanpa kelas menggunakan regulasi setingkat Peraturan Bupati. 

Dalam menjalankan proses manajemen, untuk mengatasi sulitnya merekrut tenaga pelayanan kesehatan PNS, tenaga pelayanan kesehatan atau medisnya semua berstatus THL (Tenaga Harian Lepas) sedangkan tenaga PNS masuk dalam jajaran manajemen rumah sakit. 

 

 

Untuk standar kelayakan penggajian, Dinkes Kukar yang secara struktural membawahi rumah sakit ini menerapkan renumerasi yang berbeda dengan rumah sakit lainnya. Untuk tenaga THL dokter spesialis bedah diberi tunjangan 70 juta perbulan sedangkan yang spesialis non bedah diberikan 45 juta perbulan. Koentijo menjelaskan, penerapan sistem ini diharapkan mampu menjaga kelanggengan keberadaan dokter spesialis di rumah sakit tersebut dan dokter spesialis tersebut tidak diperkenankan melakukan kerja ganda di rumah sakit lain. Hal ini sangat membantu mengatasi permasalahan umum tenaga kesehatan khususnya tenaga spesialis di rumah sakit.

 

Terkait dengan penerapan PPK-BLUD Puskesmas, Sahat Sekretaris Dinkes Kukar menjelaskan, dari 32 Puskesmas yang ada di Kukar, 20 Puskesmas diantaranya sudah menerapkan PPK-BLUD dan 12 Puskesmas sebaliknya. Kalo Puskesmas tersebut masih belum menerapkan PPK-BLUD maka acuan regulasinya adalah Perda No. 21 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, sedangkan Puskesmas yang sudah menerapkan PPK-BLUD acuan regulasinya adalah Peraturan Bupati Nomor : 8 Tahun  2015  tentang Pedoman Penerapan PPK-BLUD Kabupaten Kukar.

 

Lebih lanjut, Koentijo menjelaskan tentang integrasi Jamkesda Kukar ke Program JKN yang dikelola oleh BPJS. Untuk menghindari polemik masyarakat terkait pemberhentian program Jamkesda, maka Bupati Kukar memutuskan untuk memberikan jaminan premi / iuran seluruh peserta Jamkesda menjadi peserta BPJS dengan paket yang standar kelas III. Dalam prosesnya integrasi ini dilakukan secara bertahap, pendataan peserta dilakukan oleh RT dan Kepala Desa / Lurah setempat kemudian dikumpulkan ke kecamatan, dari kecamatan dikirim ke Dinas Sosial Kabupaten dan selanjutnya data tersebut diserahkan dan dilakukan seleksi oleh BPJS. Apabila ada peserta menginginkan standar kelas yang lebih tinggi maka secara otomatis jaminan premi tersebut gugur dan wajib berproses menjadi peseserta BPJS mandiri. 

Dengan adanya program ini, maka polemik tentang data masyarakat miskin dan tidak mampu dari berbagai sumber SKPD terkait dengan integrasi Jamkesda ke BPJS sudah dapat diatasi. 

 

 

Setelah mendengar paparan dari Kadinkes Kukar, Rombongan Pansus dua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara merasa puas. Mereka sangat memerlukan informasi tentang regulasi tersebut oleh karena saat ini sedang membuat Rancangan Peraturan Daerah tentang tarif rumah sakit dan puskesmas serta  integrasi Jamkesda Kabupaten PPU. (waa)

 

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 65
Hari ini: 9
Total: 9008