Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

ENAM PUSKESMAS KUKAR SIAP PROSES AKREDITASI NASIONAL TAHUN 2016 "Kami Berharap Lolos Akreditasi Tingkat Madya"

Jumat, 12 Agustus 2016

KUKAR : Dinas Kesehatan Kukar yang membawahi 32 Puskesmas, mulai Tahun 2016 sampai 2019 secara bertahap akan memfasilitasi Proses Akreditasi Puskemas. “Pada tahun ini akan kami fasilitasi proses persiapan akreditasinya sebanyak enam puskesmas dan tahun depan kami siapkan sembilan puskesmas” Ujar Imam Pranawa Kabid Binkesmas Dinkes Kukar saat ditemui di ruang kerjanya. (10/8).

 Imam menambahkan, sesuai dengan Permenkes nomor 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi FKTP maka sudah seharusnya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama khususnya puskesmas, klinik, dan praktik dokterswasta, dilakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja antara lain dengan pembakuan dan pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan.

 Akreditasi merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang dilakukan oleh lembaga independen yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tambahnya.

Dalam pelaksanaan akreditasi Puskesmas dilakukan penilaian terhadap manajemen puskesmas, penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat, dan pelayanan klinis yang merupakan upaya kesehatan perseorangan dengan menggunakan standar akreditasi Puskesmas yang ditetapkan  oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sedangkan untuk pelaksanaan akreditasi klinik dan untuk akreditasi praktik dokter/dokter gigi dilakukan penilaian terhadap kepemimpinan dan manajemen klinik, dan pelayanan klinis.

 Saat ini Dinas Kesehatan dalam menjalankan amanah Permenkes tersebut masih terbatas pada penyiapan akreditasi terhadap Puskesmas sedangkan  Fasilitas Kesehatan lainnya menunggu petunjuk teknis selanjutnya dari Kementrian Kesehatan.

 Terkait dengan tahapan persiapan akreditasi Puskesmas di Kukar, Imam menjelaskan lima puskesmas yang disiapkan untuk oleh pihaknya untuk proses akreditasi adalah : Puskesmas Rapak Mahang, Loa Ipuh, Mangkurawang, Loa Kulu, Samboja dan Sebulu II.

Agar Puskesmas tersebut dapat memenuhi standar akreditasi maka Dinkes Kukar sudah menyiapkan Tim Pendamping fasilitator di Dinas Kesehatan yang mempunyai kompetensi membangun sistem akreditasi yang diharapkan nantinya Puskesmas dapat membangun sistem pelayanan yang didukung oleh tata kelola yang baik dan kepemimpinan yang mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyediakan pelayanan yang bermutu, aman, dan terjangkau bagi masyarakat secara berkesinambungan.

 Pada kesempatan lain, Sri Suharti  Kepala Seksi Regulasi dan Peningkatan Mutu Dinkes Kukar menjelaskan, pada bulan Junii Puskesmas Loa Kulu sudah dilakukan penilaian oleh Tim Surveyor Akreditasi FKTP dari Komisi Akreditasi Nasional sedangkan Puskesmas Rapak Mahang, Samboja dan dua puskesmas yang lain akan menyusul penilainnya pada bulan depan (Agustus dan September 2016). Iya berharap, tahun ini Enam Puskesmas tersebut lolos dalam penilaian dan minimal mendapat Predikat Puskesmas dengan Akreditasi Strata Madya. (waa)

Simpan sebagai :

Berita terkait :