Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

FKM UNMUL LAKUKAN KUNJUNGAN KE DINKES KUKAR

Rabu, 23 Maret 2016

TENGGARONG : “Dalam Rangka Pelaksanaan Agenda Praktek belajar Lapangan Mahasiswa Untuk MendalamiPeran, Tugas Pokok dan Fungsi Dinkes Kukar dalam Mengatasi Masalah Kesehatan”

FKM Unmul membuat program kurikulum tetap dengan mengagendakan Kegiatan Praktek Belajar Lapangan  bagi mahasiswa ke desa-desa. Saat ini agenda Praktek Belajar Lapangan Mahasiswa diarahkan ke tiga desa di Kecamatan Muara Badak yaitu Desa Salok Celak, Tanjung Limau dan Salok Pelai. Salah satu agenda PBL mahasiswa tersebut adalah melakukan  kunjungan instansi ke Dinas Kesehatan Kukar untuk mendalami peran , tugas pokok dan fungsi dari Dinas Kesehatan dalam mengatasi permasalahan kesehatan di berbagai wilayah puskesmas. Ujar Birmansyah selaku dosen pendamping saat memberikan sambutan kunjungan ke Dinkes Kukar.(14/01).

 

Lanjutnya, saat ini ada sekitar 90 mahasiswa yang melakukan PBL di Kecamatan Muara Badak, dari sejumlah itu 30 orang ditugaskan untuk melakukan kunjungan instansi ke dinas kesehatan, setelah melakukan kunjungan ini, kelompok mahasiswa tersebut diwajibkan menjelaskan kepada kelompok mahasiswa lainnya untuk mengenalkan peran, tugas pokok dan fungsi dinas kesehatan  terkait penanganan permasalahan kesehatan di suatu wilayah.

 

Kunjungan itu sendiri diterima oleh Koentijo, kepala dinas dan sebagian pejabat struktural di lingkungan dinas kesehatan Kukar. Dalam acara penerimaan tersebut, ia menjelaskan bahwa sering kali teori yang didapatkan di bangku kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa tidak selalu sama dengan kondisi dan kenyataan dilapangan. Hal inilah yang perlu didalami oleh setiap mahasiswa yang melakukan praktek dan pengenalan lapangan sehingga diperlukan pemikiran tentang kearifan lokal ketika menerapkan sebuah program. Salah satu desa  percontohan yang sudah dikembangkan oleh Puskesmas dan Dinas Kesehatan bekerja sama dengan pimpinan desa setempat adalah Desa Gas Alam Kecamatan Muara Badak, pengembangan desa ini menjadi desa siaga banyak dilakukan dengan pendekatan kearifan lokal.

Meskipun peserta PBL tidak berlokasi di Desa Gas Alam, namun ia berharap mahasiswa tersebut belajar bagaimana proses pembentukan dan pengembangan desa tersebut menjadi desa siaga atau desa mandiri kesehatan.

 

Untuk memperjelas pernyataan dari Kepala Dinas maka para peserta kunjungan dibagi menjadi kelompok kecil dan masing-masing diberi tugas melakukan diskusi dan pendalaman tupoksi ke bidang dan sekretariat. Dari hasil pendalaman tersebut para mahasiswa mulai mendapatkan gambaran tentang peran, tugas pokok dan fungsi dinas kesehatan serta peran puskesmas dalam mengatasi permasalahan-permasalahan kesehatan di suatu wilayah.

 

Terkait dengan hal diatas, Birman menambahkan, Praktek Belajar Lapangan ini bukan hanya  dilakukan satu kali dalam setahun namun beberapa kali kegiatan. Kunjungan FKM Unmul ke instansi dinas kesehatan selain mendalami peran, tugas pokok dan fungsinya juga mendapatkan dukungan terhadap pembentukan program desa binaan yang menjadi tujuan akhir dalam PBL di suatu wilayah. Untuk itu ia berharap ada kerja sama formal antara FKM Unmul dengan Dinas Kesehatan Kukar, agar menjadi jelas tugas dan peran masing-masing dalam rangka mendorong dan mendukung percepatan pembangunan kesehatan di suatu wilayah.

 

Imam selaku Kabid Binkesmas menyambut baik, pemikiran tersebut dan hendaknya hal itu segera ditindaklanjuti dan direalisasikan menjadi kerja sama jangka panjang yang selalu dilakukan evaluasi terhadap dampak keberhasilannya di masyarakat. (waa)

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 16
Hari ini: 15
Total: 10278