Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

GEDUNG BARU PUSKESMAS MUARA BADAK SIAP BEROPERASI

Rabu, 20 September 2017

“Rencana Diresmikan Oleh Bupati Kukar Pada Bulan Oktober Tahun Ini” Sekretaris Dinkes

 

TENGGARONG- Sekretaris Dinkes kukar Arfan Boma optimis tahun ini puskemas baru Muara Badak bisa beroperasi, karena segara persoalan yang menghambat beroperasi puskesmas tersebut sudah diurai satu per satu. Puskesmas baru tersebut nantinya akan menjadi Role model puskesmas didaerah pesisir Kukar, yang berbatasan dengan kota Samarinda dan Bontang.

“Kita optimis puskesmas baru Muara Badak beroperasi secara penuh tahun ini juga, karena alat kesehatanhya sudah tersedia, air dan listrik juga sudah dipasang, serta jalan masuk ke puskesmas tersebut juga sudah clear,”kata Boma.

Ia juga menjelaskan bahwa direncanakan Puskesmas Muara Badak akan diresmikan oleh Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari, pada bulan Oktober mendatang bersamaan dengan peresmian Gedung UPTD Gudang Farmasi, Puskesmas Jantur dan Muara Pantuan.

 

Mantan Camat Muara Badak ini mengatakan, diharapkan puskesmas Muara Badak bisa menjadi puskesmas percontohan khususnya diwilayah pantai. Saat ini fasilitas yang dimiliki sudah lengkap termasuk fasilitas pelayanan rawat inap.

“Puskesmas Muara Badak akan dioperasikan secepatnya, khususnya pada pelayanan rawat inap. Masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang lebih memadai bila menginginkan pelayanan rawat inap ketimbang pada gedung yang lama,”jelasnya.

Boma juga menambahkan, ditengah anggaran pemkab Kukar yang belum stabil, dinkes akan berupaya mencari cela bantuan ke pemerintah pusat, untuk program pembangunan dibidang kesehatan. Seperti Dinkes mengajukan usulan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018 bidang kesehatan.

“Rencananya apabila mendapatkan DAK dari pusat, maka akan dipergunakan untuk membangun puskesmas di Tabang dan Muara Kaman,”ujarnya.

Pertimbangan DAK akan dipergunakan membangun puskesmas di dua kecamatan tersebut, karena puskesmas Muara Kaman yang ada sekarang menjadi langganan rutin banjir ketika air pasang, sedangkan puskesmas yang ada di Tabang, kondisinya sangat memprihatinkan.

 

“Upaya yang sudah dilakukan melakukan pendekatan dengan tokoh adat dan masyarakat Tabang, agar dalam pembebasan lahan tidak ada kendala, sebagai syarat dari pemerintah pusat, bahwa status lahan harus jelas,”pungkasnya. 

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 13
Hari ini: 26
Total: 10276