Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

GERAKAN BERSIH PASAR PADA MOMEN HKN KE-54 DI KUKAR

Senin, 22 Oktober 2018

“Kegiatan ini bagian dari agenda peringatan Hari Kesehatan Nasional yang diselenggarakan di Kutai Kartanegara” Ujar Ismi Wakil Ketua Panitia HKN.

 

TENGGARONG : Waktu menunjukkan pukul 07.00. Pagi ini tidak seperti biasanya, halaman parkir Pasar Sehat Mangkurawang di Kota Tenggarong sudah dipenuhi masyarakat, jajaran instansi pemerintahan dan organisasi profesi kesehatan dan dihadiri oleh Plt Bupati Kukar. Hari ini Jumat (19/10) mereka bersiap melakukan Senam Sehat dan dilanjutkan dengan gotong royong membersihkan Pasar Sehat Tenggarong yang terletak di wilayah Kelurahan Mangkurawang. “Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dalam rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 di Kabupaten Kutai Kartanegara” Ujar Ismi selaku Unsur Ketua Panitia saat ditemui di lokasi Pasar Sehat Tenggarong.

Dari pantauan media, nampak beberapa anggota masyarakat bersama jajaran kesehatan membersihkan rumput yang ada di halaman mushola dan selokan Pasar Tenggarong. Mereka merasa senang halaman mushola pasar akhirnya menjadi bersih.

Lebih lanjut Ismi mengatakan bahwa sesuai dengan arahan Kementrian Kesehatan, maka setiap Propinsi Kabupaten dan Kota di Indonesia diwajibkan melaksanakan Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang tahun ini merupakan peringatan ke-54. Perayaan ini juga dilaksanakan oleh Jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Kesehatan sebagai Leading sektornya. “Kami telah membentuk kepanitiaan peringatan Hari Kesehetan Nasional di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan melibatkan Jajaran Dinas Kesehatan, Puskesmas, Rumah Sakit, BPJS, instansi terkait lainnya, Jajaran organisasi profesi kesehatan dan organisasi sosial kesehatan. Adapun agenda kegiatan dilaksanakan mulai bulan Oktober sampai Nopember mendatang” Ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa agenda pertama HKN dalam bentuk Bakti Sosial bersih-bersih pasar dan senam sehat yang diselenggarakan di Pasar Sehat Tenggarong merupakan upaya mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan kesehatan pribadi dan kesehatan lingkungannya. Hal ini juga sesuai dengan Tema Peringatan HKN Ke-54 yaitu Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita. “Bakti Sosial dalam bentuk Gerakan Bersih Pasar dan senam sehat bisa menjadi momentum masyarakat untuk menjaga lingkungannya dan lebih menguatkan gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas.” Ungkapnya.

Terkait dengan rangkaian agenda kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 di Kukar, ia membeberkan bahwa selain kegiatan bakti sosial tersebut masih banyak agenda lain yang kami akan laksanakan melalui integrasi dengan kegiatan Jajaran Dinas Kesehatan, Puskesmas, Rumah Sakit, dan  Organisasi Profesi Kesehatan serta dukungan dari pihak lain seperti BPJS, organisasi sosial bidang kesehatan dan pihak-pihak lainnya.

 

Organisasi profesi kesehatan yang mendukung kegiatan HKN ke -54  diantaranya adalah IDI (ikatan Dokter Indonesia), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), IBI (Ikatan Bidan Indonesia), PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia), HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia), Persagi (Persatuan Ahli Gizi Indonesia), IAI (Ikatann Apoteker Indonesia) dan organisasi profesi kesehatan yang lain. “Dukungan dari berbagai pihak ini, ada yang dalam bentuk kegiatan, sarana maupun pembiayaan” Ujarnya.


Puncak Acara Peringatan HKN Ke-54

Ismi Wakil ketua Panitia yang juga menjabat sebagai Kabid Kesmas di Dinkes Kukar ini menjelaskan bahwa selain bakti sosial pihaknya juga menyelenggarakan berbagai lomba untuk internal dan masyarakat, Penyuluhan kesehatan, Pemberian Penghargaan, Sunatan Massal, Gerakan Pemberantasan sarang nyamuk, Pelayanan Kesehatan Gratis terutama untuk Deteksi Dini IVA Test, Apel Peringatan HKN  pada Tanggal 12 Nopember  dan acara Puncak di Car Free Day pada tanggal 18 Nopember yang diisi berbagai even menarik serta Door Prize untuk masyarakat. “Untuk acara lomba dan even di Car Free Day akan kami sebarkan informasinya melalui berbagai media agar masyarakat ikut serta memeriahkan acara puncak tersebut” Terang Ismi dengan antusias. 

Ia juga berharap seluruh agenda yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan mendapat dukungan penuh dari seluruh jajaran panitia dan pihak-pihak lain yang terkait  serta masyarakat. “Sukses Peringatan hari Kesehatan nasional ini merupakan sukses bersama untuk Menguatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” Pungkasnya.

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 16
Hari ini: 23
Total: 10985