Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

H-4 LEBARAN, DINKES KUKAR SIDAK KESIAPAN POSKO KESEHATAN

Kamis, 22 Juni 2017

MEMASTIKAN KESIAPAN JADWAL KEGIATAN, TENAGA, SARANA PENUNJANG DAN KESIAPAN OBAT-OBATAN DIMASING-MASING POSKO” KADINKES KUKAR

KUKAR : Menurut perhitungan pemerintah Lebaran Idul Fitri dipastikan pada hari Minggu lusa. Terkait dengan antisipasi pelayanan kesehatan masa lebaran tersebut, pada H-4 Tim Dinas

Kesehatan memantau  persiapan posko kesehatan dibeberapa Puskesmas, Posko Terpadu dan Rumah Sakit. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memastikan kesiapan masing-masing posko kesehatan dan rumah sakit sebagai tempat rujukan kegawatdaruratan. “Tim Yankes Dinkes Kukar hari ini (Rabu,21/6) melakukan koordinasi dengan sektor terkait untuk melakukan inspeksi kesiapan posko kesehatan lebaran disepanjang poros Tenggarong -  Bukit Soeharto, hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan jadwal pelayanan, tenaga, sarana penunjang dan kesiapan obat-obatan dimasing-masing posko sehingga bila terjadi kondisi kegawatdaruratan dilapangan masing-masing posko sudah siap menangani dan melayani kasus tersebut” Ujar Koentijo Kadinkes Kukar melalui Sri Suharti Kepala Seksi Yankesdas.

Lebih lanjut Sri menjelaskan, dalam kunjungan ke posko kesehatan disepanjang poros Tenggarong – Bukit Soeharto Samboja tersebut, pihaknya ingin memastikan segala persiapan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan dan kegawat daruratan serta menguatkan koordinasi dengan petugas lintas sektor dilapangan seperti dari pihak PMI, Kepolisian dan Dinas Perhubungan. 

Khusus persiapan Posko pelayanan Kesehatan yang bergabung dengan Posko terpadu KM 54 Bukit Soeharto, ia telah menyiapkan sejumlah tenaga kesehatan perawat  yang mahir dalam keahlian BTCLS dan didukung tenaga kesehatan lapangan dari Rumah Sakit Abadi Samboja.

Terkait dengan pelayanan kesehatan lintas wilayah, pada saat yang sama Kadinkes Kukar melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Abdoel Moeis Samarinda  untuk koordinasi bila terjadi kegawatdaruratan yang memerlukan kesiapan rujukan ke rumah sakit tersebut.

Pada saat berita diturunkan (22/6), Dinkes Kukar melakukan Sidak ke Posko Kesehatan yang ada di Pulau Kumala Tenggarong. “Persiapan di Posko Kesehatan Pulau Kumala sangat penting, oleh karena tempat ini menjadi lokasi kunjungan wisata favorit masyarakat kaltim saat libur panjang nanti. Kepadatan kunjungan ke tempat wisata ini berdampak pada meningkatnya resiko kecelakaan dan kegawatdarutan, untuk itu Dinkes sudah menyiapkan tenaga kesehatan khusus selama masa liburan tersebut” Terang Sri Suharti.

 

“Meskipun kami sudah menyiapkan posko kesehatan disemua titik rawan kecelakaan dan menyiapkan sarana-prasarana fasilitas kesehatan untuk antisipasi kejadian kegawatdaruratan, namun kami tetap berharap tidak ada kejadian luar biasa selama liburan panjang nanti” Pungkas Sri. (wa).

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 9
Hari ini: 23
Total: 11405