Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

IAI KENALKAN PROFESI APOTEKER DAN GERAKAN DAGUSIBU PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Rabu, 24 Oktober 2018


"Kegiatan ini merupakan Rangkaian dari Peringatan Hari Farmasi Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 di Kukar" Nina Rasmita Ketua IAI Cabang Kukar

 

TENGGARONG : Profesi apoteker adalah salah satu profesi bidang kesehatan yang banyak membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Namun jumlah tenaga apoteker tersebut di Kabupaten Kutai Kartanegara sampai saat ini masih dirasakan kurang. Bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Farmasi Sedunia yang jatuh pada tanggal 25 September 2018 dan rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kukar menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Profesi Apoteker dan Gerakan DaGuSiBu bagi siswa di SDN 002 Tenggarong. “Pada Hari Farmasi Sedunia ini,  kami ingin mengenalkan profesi Apoteker dan Gerakan Dagusibu pada anak-anak sejak dini” Ujar Nina Rasmita Ketua IAI Cabang Kukar saat menberikan sambutan pada kegiatan tersebut di AULA SDN 02 Tenggarong (24/10).

 

Nina melanjutkan, pada saat ini pemahaman masyarakat tentang penggunaan obat yang baik dirasakan masih sangat kurang, sehingga menurutnya perlu adanya gerakan promosi yang kuat untuk memahamkannya. Terkait kondisi tersebut, pada rangkaian peringatan Hari Farmasi Sedunia dan bertepatan dengan agenda peringatan Hari Kesehatan nasional Ke-54, IAI Cabang Kukar menyelenggarakan berbagai kegiatan diantaranya adalah Sosialisasi dan Edukasi kefarmasian di SDN 002 Tenggarong dengan topik bahasan pengenalan profesi Apoteker dan sosialisasi Gerakan Dagusibu yaitu mengenalan kepada masyarakat tentang cara mendapatkan obat, menggunakan obat, menyimpan obat dan membuang obat. “Kami memilih sasaran promosi Dagusibu pada siswa sekolah dasar khususnya siswa SD 002 Tenggarong, karena kami berharap mereka menjadi generasi penerus yang memahami kefarmasian,  Dagusibu dan sekaligus mencintai profesi apoteker” Ujarnya.

Kegiatan promosi Dagusibu di SD 02 Tenggarong menyasar siswa kelas IV dan V serta beberapa guru di SD tersebut, selain itu sebanyak kurang lebih 40 orang anggota IAI Kukar hadir dan dari jajaran Puskesmas Mangkurawang serta Dinas Kesehatan Kukar. Menurut Nina, agenda intinya adalah pengenalan profesi apoteker, edukasi farmasi dan pengenalan gerakan Dagusibu.

Sementara itu, kehadiran kepala dinas kesehatan yang diwakili oleh Dewi Kepala Seksi Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan yang juga seorang Apoteker, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi kefarmasian ini merupakan wujud kerja sama antara IAI Kukar dengan Dinas Kesehatan dalam rangkaian agenda peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 dan Hari Farmasi Sedunia. Pihaknya memilih SDN 02 Tenggarong sebagai lokus kegiatan karena berbagai prestasi dari SDN 02 tersebut mulai dari penghargaan UKS, kantin sehat dan sekolah sehat. “Kami memberikan apresiasi kepada SDN 02 untuk dukungan dan seluruh peran sertanya dalam kegiatan bidang kesehatan ” Ungkap Dewi.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa tenaga apoteker di Kukar berjumlah kurang lenih 145 orang telah tersebar di 18 kecamatan, 32 puskesmas, 3 Rumah Sakit, 30 klinik,  6 Toko Obat dan 65 apotek. Dan semua tenaga apoteker ini, akan menjalankan tugas dan fungsi diantaranya adalah mencerdaskan masyarakat melalui edukasi farmasi dan pengenalan Dagusibu.

Dewi juga menjelaskan  bahwa  kegiatan ini akan terus berlanjut dan puncak sosialisasinya akan dilakukan bersamaan dengan Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional pada  tanggal 18 Nopember 2018 bersamaan dengan momen Car Free Day di Tenggarong.

Dewi berharap bahwa kegiatan ini mampu memberikan manfaat buat siswa dan Guru. "Dengan kegiatan ini, para siswa mendapatkan manfaat dan menguatkan pemahaman terhadap edukasi kefarmasian dan lebih mencintai profesi Apoteker" Pungkasnya. (Waa) 

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 69
Hari ini: 21
Total: 10984