Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

KENAL LEBIH DEKAT DENGAN NAKES TELADAN TINGKAT NASIONAL AHMAD YANI SKM PETUGAS PROMKES PUSKESMAS LOA DURI

Selasa, 12 Juli 2016

KUKAR : Bagi Penyuluh kesehatan masyarakat seperti Ahmad Yani SKM, yang bertugas di Puskesmas Loa Duri kecamatan Loa Janan, jauh lebih sulit membuat orang sehat, daripada membuat mereka sakit, kutipan yang diambil dari Filsuf De Forest Clinton Jervis, menjadi pelajaran berharga bagi dirinya, karena mengajak orang untuk sehat dirasa amat sulit, butuh ajakan dan terkatang butuh paksaan untuk membuat orang berprilaku sehat, akibat pola hidup sehat yang terbangut, maka amat dengan mudah membuat orang sakit.

“ Mengajak orang untuk menghindari merokok sangat sulit, justru dengan mudah kita dapatkan rokok dimana-mana, mulai dari warung kecil hingga besar, baik orang dewasa dan anak-anak sudah terbiasa merokok, yang jika dibiarkan akan mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh Rokok, “ ucap Yani.

Ahmad Yani SKM, merupakan lulusan keperawatan dari YAPMA Makassar tahun 1997, dan menyelesaikan Study di Fakultas Kesehatan Masyarakat(FKM) Unmul Samarinda tahun 2009. Yani pertama kali mengabdi di Kukar sampai saat ini tetap di Puskesmas Loa Duli, diawali dengan status sebagai Tenaga Tidak Tetap daerah(T3D) tahun 2003-2006, dan diangkat menjadi PNS Kukar tahun 2007, dengan jabatan yang disandang sebagai Penyuluh Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan Cuci Tangan PHBS Sekolah

Pria berumur 36 tahun ini,  yang lahir di tanah Sulawesi tepatnya di Polewali, aktif juga di Organisasi Forum Komunikasi Kecamatan Sehat(FKKS) kecamatan Loa Janan. Yani juga tidak segan-segan berkoordinasi dengan jajaran pemerintah Kecamatan Loa Janan, untuk mensukseskan kegiatan FKKS, serta tidak lupa berkkoordinasi dengan pemerintah desa Bakungan dan juga desa Loa Duri Ilir, untuk membentuk kader kesehatan dari masyarakat dan pelajar yang ada di desa.

Yani juga tidak segan kelapangan untuk melakukan pendataan program Pola Hidup Bersih dan Sehat(PHBS) yang sudah dilakukan oleh kadernya di tingkat desa. Keterlibatan Yani di masyarakat untuk mengikuti kerja bhakti dilakukan secara rutin, dan membudayakan senam cuci tangan di hadapan masyarakat dan pelajar, menurutnya, bagian ini sama saja dengan memberikan Edukasi pola hidup sehat.

Keterlibatan disetiap kegiatan pola kemitraan dengan perusahaan batubara melalui CSR kerap dilakukan Yani, seperti, kegiatan kader desa Siaga dan Posyandu khusus lansia melalui CSR PT Anugerah Bara Kaltim(ABK). Yani juga terlibat aktif memberikan pelayanan kesehatan di sekitar lingkungan perusahaan batu bara, melalui CSR PT Rinjani Kartanegara. Ikut serta pembelajaran kader desa ke kecamatan Bontang Koala melalui CSR PT ABK. Dan ikut serta pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional(PIN) tahun 2016 yang dilaksanakan melalui CSR PT ABK.

Pepatah dari mantan Perdana Menteri Inggris Wiston Churchill, yang berbunyi, “ Kita menyandang hidup dengan apa yang kita peroleh, kita memberikan kehidupan dengan apa yang kita berikan kepada orang lain, “ ini juga menjadi referensi semangat kerja Yani. (WAA/RY)

Simpan sebagai :

Berita terkait :