Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

Kenal Lebih dekat dengan Nakes Teladan Tingkat Nasional : dr Julianoes N Adam Pengabdian Dari Puskesmas Tabang Sampai ke Puskesmas Rapak Mahang

Selasa, 12 Juli 2016

Koordinator Poli Klinik Diabetes    Bagi masyarakat kota Tenggarong, cukup familiar dengan nama dokter Julianoes N Adam, atau yang lebih akrab dipanggil dokter Adam, sosok yang selalu tampil energik, dalam setiap kegiatan di bidang kesehatan di Kukar ini, jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang ini, untuk pertama kali mengabdi di Kukar, bertugas di kecamatan terjauh tepatnya di kecamatan Tabang, yang mana hampir sebagian besar PNS non medis, berfikir dua kali jika harus bertugas ke Tabang. Tapi bagi dokter kelahiran tahun 1972 ini, harus dijalani selama dua tahun lebih sebagai dokter berstatus PTT Pusat dan pernah menjabat sebagai pimpinan Puskesmas Tabang.

Setelah mengabdi di Puskesmas Tabang, dokter Adam pindah tugas ke puskesmas Loa Ipuh berstatus dokter honorer, dan diangkat menjadi dokter PNS pula semasa tugas di puskesmas Loa Ipuh. Pengabdian di puskesmas tersebut juga terbilang lama, mulai mengabdi dari tahun 2002 s/d 2010. Dokter yang lahir di Balikpapan 44 tahun lalu, merupakan anak ke-3 dari lima bersaudara ini, memiliki mooto kerja : Talk Less, do more, Give The Best For Human Kind ini, setelah selesai bertugas di puskesmas Loa Ipuh, sekarang bertugas di Puskesmas Rapak Mahang Tenggarong.

Di puskesmas Rapak Mahang, doter Adam sebagai dokter umum, yang kesehariannya memberikan pelayanan kepada masyarakat yang masuk wilayah kerja puskesmas Rapak Mahang,yaitu kelurahan Timbau, Melayu, Bukit Biru dan kelurahan Jahab.  bersama tiga orang dokter umum lainnya. Selain bertugas sebagai tenaga kesehatan, dokter Adam juga memiliki jasa sebagai MR ISO Akreditasi, yang berhasil membawa puskesmas Ramak Mahang meraih sertifikat SNI  ISO: 9001-2008 periode 2013-2016. Dan juga sukses mendapatkan penghargaan tingkat provinsi Kaltim kategori puskesmas terbaik wilayah perkotaan tahun lalu, serta beberapa prestasi lainnya.

Menurut Adam, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus memakai prinsip nilai, untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat, yang akhirnya sampai ke tujuan bersama “ Anda Sehat Kami Puas “. Nilai yang diterapkan di puskesmas Rapak Mahang adalah Custome, Efektif dan Efesien, Ramah memberikan pelayanan, Dapat dan mudah dijangkau, Akuntable dan Sensitif. Melalui misi, membentuk masyarakat berwawasan kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau serta berkualitas. Aspek evaluasi dan kontrol juga harus menjadi bagian yang terintegrasi, memberikan penilaian secara konsisten dan komitemen guna memenuhi kepuasan pelanggan.

Aktifitas dokter Adam, diluar jam dinas sangat padat, berbagai organisasi di bidang kesehatan digelutinya dengan suka ria, aktif sebagai pengurus Forum Kukar Sehat(FKS) tingkat Kabupaten, Persatuan Diabetes Indonesia(Persadia) cabang Kukar, Yayasan jantung Indonesia(YJI) Kukar, Ikatan Dokter Indonesia(IDI)Kukar, PPTI bidang Diklat, Saka Bhakti Husada(SBH), KP AIDS Kukar serta organisasi lainnya. Dokter Adam juga memiliki talenta sebagai MC, di berbagai kegiatan kemasyarakatan, sudah banyak yang memakai jasa dokter Adam dipercaya menjadi MC, dan juga sebagai Instruktur senam dan erobik.

Pengabdian di Puskesmas Rapat Mahang, dokter Adam tidak hanya bertugas sebagai dokter di Poli Umum saja, akan tetapi secara bergantian sebagai tenaga kesehatan di Poli Anak, Poli Lansia, dan Poli KIA dan KB. Dia pun sukses juga sebagai pencetus pembentukan Klinik Diabetes di Puskesmas rapak Mahak. Penekanan budaya hidup sehat dengan biasa apel pagi, dan cuci tangan sampai bersih, serta membiasakan Senan Jumat Sehat(SJS) dilingkungan keluarga besar Puskesmas rapak Mahang.

Pengabdian diluar wilayah kerja puskesmas Rapak Mahang, dokter Adam juga diperbantukan di Puskesmas Loa Kulu, membantu di klinik kesehatan Ponpes Karya Pembangunan Tenggarong, klinik PT Vico Muara Badak, dan Klinik PT Total yang ada di kecamatan  Anggana. Menjadi Juri Dokter Cilik(Dokcil) di Kukar. Dikalangan pelajar, dokter ini dikenal sebagai penggagas pembentukan Pos Pembinaan Terpadu(Posbindu) Penyakit Tidak Menular(PTM) di SMAN 2 Tenggarong dan. Keikutsertaan dalam kegiatan yang bertaraf internatinol pernah dikuti dokter Adam, seperti persentasi kesehatan dalam pertemuan doter se-Asia Tenggarong 2011 lalu di Jakarta. Dari berbagai kegiatan yang sudah dilakukan dokter Adam selama mengabdi sebagai Nakes di Kukar, sangat wajar predikat Nakes terbaik tingkat Provinsi Kaltim dan Nasional, disematkan pada Sosok Dokter Adam. (WAA/RY)

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 14
Hari ini: 34
Total: 9762