Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

KESDAM MULAWARMAN GELAR OPERASI KATARAK GRATIS DI KUKAR

Rabu, 26 Oktober 2016

“Kerja Sama Dengan Dinkes Ini  Untuk Mencegah Semakin Meningkatnya Angka Kebutaan Oleh Katarak” Kadinkes Kukar

KUKAR : Bakti Sosial Operasi Katarak yang dimotori oleh Kesdam VI Mulawarman bekerja sama dengan Dinkes Kukar dan PT Industri Jamu Sidomuncul yang dilaksanakan di dua  Puskesmas wilayah kecamatan  Kota Bangun Kutai Kartanegara selama bulan Agustus dan September adalah bentuk kepedulian jajaran TNI kepada masyarakat yang tidak mampu guna mencegah kebutaan akibat Katarak sehingga masyarakat dapat melakukan pekerjaan dan dapat meningkatkan taraf hidup dengan selayaknya. Hal ini disampaikan oleh  Letkol Dr. Nugraha Koordinator operasi katarak didalam Pedoman Rencana Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis Kesdam VI Mulawarman Balikpapan.

Senada yang disampaikan oleh Kadinkes Kukar, Koentidjo, pihaknya sangat menyambut baik dengan pelaksanaan operasi Katarak ini yang memang secara kasus terjadi peningkatan setiap tahun. Operasi Katarak yang dimotori oleh Kesdam Mulawarman ini sangat membantu Dinkes Kukar khususnya Puskesmas dalam mencegah angka kebutaan yang dapat dicegah akibat katarak. Ia menjelaskan Katarak adalah suatu kelainan dimanan terjadi kekeruhan pada lensa mata. Kelainan ini dapat diderita oleh orang lanjut usia, bayi baru lahir, anak-anak, maupun semua umur karena menderita suatu penyakit tertentu. Dan sampai saat ini katarak merupakan penyakit kebutaan terbesar yang dapat dicegah.

Kegiatan Bakti sosial ini dilaksanakan kurang lebih selama dua bulan, pada bulan Agustus dilakukan screening penderita dan pada bulan September 2016 pelaksanaan operasi Katarak di Puskesmas Kota Bangun dan Rimba Ayu. Tenaga medis yang menangani bakti sosial ini adalah dokter spesialis mata dari Kesdam VI Mulawarman dan dibantu oleh petugas medis dari Puskesmas setempat.

“Tidak semua masyarakat Kota Bangun bisa menikmati operasi Katarak Gratis ini, oleh karena pasien katarak yang ditangani merupakan warga miskin dan tidak mampu yang harus membawa KTP, Kartu keluarga dan surat keterangan tidak mampu” Imbuh Koentijo.

Adelina, Kepala Seksi Yankesdas Dinkes Kukar, selaku penanggungjawab program mengatakan bahwa kegiatan operasi Katarak Gratis ini dalam pelaksanaannya melalui beberapa tahap yaitu persiapan, kegiatan operasi dan kegiatan paska operasi. Pada tahap persiapan dilakukan screening penderita di Puskesmas Kota Bangun, setelah itu dilakukan pelaksanaan operasi katarak pada ruang khusus di Puskesmas dan selanjutnya paska operasi disarankan penderita untuk melakukan kontrol di Puskesmas pada 1 hari setelah operasi , hari ke7, ke 14 dan ke 30.

Sampai berakhirnya kegiatan operasi ini telah terjaring 105  penderita katarak, yang dilakukan tindakan operasi sebanyak 78 pasien dan selebihnya tidak dapat dilakukan tindakan operasi yang disebabkan oleh penyakit yang menyertai yaitu hipertensi dan diabetes mellitus. Tidak ada kejadian khusus paska operasi bagi semua pasien yang sudah ditangani oleh Tim Kesehatan Kesdam VI Mulawarman tersebut.

Ia berharap kegiatan bakti sosial ini akan dilaksanakan secara rutin di Kabupaten Kutai Kartanegara setiap tahun dengan lokasi Puskesmas atau kecamatan yang berbeda sehingga harapan penurunan kasus kebutaan akibat katarak bisa tercapai. (waa)

 

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 17
Hari ini: 34
Total: 9762