Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

KUKAR IKUTI JAMBORE KONSELOR SEBAYA TINGKAT NASIONAL

Kamis, 4 April 2019

“Wakili Propinsi Kaltim, Tim Konselor Sebaya Kukar bergabung dengan perwakilan 34 Provinsi Se Indonesia di Hotel Candra Kirana Jakarta”

JAKARTA : Sebuah kebanggan bagi Kabupaten Kutai Kartanegara, karena kader Konselor Sebaya dari beberapa sekolah terpilih mewakili Provinsi Kaltim mengikuti Jambore Nasional di Jakarta. Jambore yang digagas oleh Kementrian Kesehatan ini, merupakan yang pertama kali dan sekaligus menghadirkan perwakilan kader konselor seluruh Provinsi Di Indonesia. “Jambore  Konselor Sebaya ini sebagai ajang menguatkan wawasan peserta dan ajang inovasi serta lomba antar kader” Ujar Ika Petugas pendamping Konselor dari Kabupaten Kutai Katanegara saat ditemui di lokasi acara Hotel Candra Kirana Jakarta (21/3).

Lanjut Ika, yang juga sebagai pengelola program remaja di Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara, mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapat dukungan dari Bupati Kutai Kartanegara untuk menjadi Tim Terbaik Kukar mewakili  Provinsi Kaltim mengikuti ajang Jambore Konselor Sebaya Nasional.  Tim Kukar diwakili oleh Nabilla Asyaffa dari SMAN 2 Tenggarong binaan Puskesmas Rapak Mahang dan Andi Farhana dari SMPN 2 Loa Janan, binaan Puskesmas Batuah. “Mereka adalah putri-putri terbaik sebagai kader kesehatan Konselor Sebaya di sekolah” Ungkap Ika.

Sebagai kader konselor sebaya, tugas mereka selain memberikan penyuluhan kesehatan reproduksi kepada sesama siswa juga sebagai motivator agar para siswa siswi bisa menghindarkan dirinya pada perilaku seks bebas juga menghindari pernikahan dini yang sebagian akibat kehamilan yang tidak diinginkan.

Ika juga menceritakan bahwa, kegiatan jambore tersebut yang diselenggarakan selama empat hari (20-23 Maret 2019)  diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari pemberian materi oleh para nara sumber tentang konseling, masalah remaja, tumbuh kembang remaja dan lain-lain, melalui proses pembelajaran yang aktraktif, kreatif dan inovatif. Serta diselingi dengan kegiatan outbond, permainan, lomba-lomba dan presentasi inovasi kegiatan konseling dari tiap daerah Provinsi.

Kegiatan Jambore ini juga digabungkan dengan Even Youth Town Hall 2019 yang diselenggarakan di balai Sarbini jakarta yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam NahrawiMenteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ika menceritakan bahwa Menteri Kesehatan dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sebagai wadah pengembangan kreatifitas remaja dan secara khusus pertemuan ini untuk memfasilitasi dialog, mendorong umpan balik, menyuarakan beragam prespektif dan mendiskusikan cara-cara untuk mengatasi keterlibatan pemuda dalam masalah kesehatan dan kesejahteraan mereka. “Kesepakatan perwakilan remaja yang timbul dari pertemuan ini  akan dirumuskan sebagai bahan konferensi anak tingkat dunia” Ujar Menkes yang disampaikan oleh Ika.

Selain kesepakatan diatas, diharapkan peserta perwakilan dari masing-masing Provinsi ini dapat mengembangkan konselor-konselor berprestasi dan berdaya guna bagi sesamanya di masing-masing daerahnya. “Hasil kesepakatan pada Jambore ini serta komitmen masing-masing peserta akan menjadi bahan kebijakan yang ditindak lanjuti oleh UNICEF dan WHO” Pungkas Ika

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 25
Hari ini: 10
Total: 13094