Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

KUNJUNGAN KERJA DINKES KUKAR KE DINKES KOTA SAMARINDA

Selasa, 5 April 2016

 “INISIASI RENCANA KERJASAMA UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN KESEHATAN WILAYAH PERBATASAN KEDUA PIHAK”

SAMARINDA : “Permasalahan pelayanan kesehatan yang selama ini dirasakan baik oleh petugas dan maupun masyarakat khususnya yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda tampaknya sudah mulai ada titik terang, dengan dilakukannya kunjungan kerja Dinkes Kukar ke Kota Samarinda. Ujar Imam Pranawa Kabid Binkesmas Dinkes Kukar saat memberikan sambutan  kunjungan di Ruang Pertemuan Dinkes Kota Samarinda. (4/2).


Lanjut Imam, kunjungan kerja ini merupakan inisiasi Dinkes Kukar dengan latar belakang permasalahan dibeberapa wilayah perbatasan, diantaranya permasalahan Pusban Sungai Siring Kukar yang berada diwilayah perbatasan Puskesmas Sungai Karang Mumus Kota Samarinda, permasalahan pasien yang melakukan kunjungan puskesmas lintas wilayah namun belum ada kesepakatan “feedback” data pasien tersebut ke wilayah asalnya, permasalahan data pelayanan Kesehaatan Ibu dan Anak bagi masyarakat yang mendapatkan pelayanan puskesmas lintas wilayah serta berbagai permasalahan yang lain. Kondisi ini terjadi hampir di puskesmas wilayah perbatasan.


Dari dasar pemikiran ini pihaknya melakukan kunjungan kerja untuk pembicaraan awal perjanjian kerja sama dengan Dinkes Kota Samarinda untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut dan meningkatkan kerja sama untuk optimalisasi upaya kesehatan di wilayah perbatasan kedua pihak.
Nina, Kepala Dinkes Kota Samarinda, menyambut baik kerja sama ini kemudian akan melakukan koordinasi dengan jajarannya dan puskesmas yang membawahi wilayah perbatasan tersebut serta pemerintah Kota Samarinda untuk secepatnya bisa merealisasikan rencana kerja sama ini.


Dalam pertemuan tersebut, masing-masing pihak sepakat membuat dokumen perjanjian kerja sama dan saling memberikan masukan untuk penyempurnaan isi dokumen perjanjian tersebut. Beberapa poin penting dalam perjanjian kerja sama Dinkes Kukar dan Kota Samarinda sebagai berikut :
1. Melakukan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat di wilayah perbatasan.
2. Masing-masing pihak tetap memberikan pelayanan kesehatan secara optimal bagi masyarakat lintas wilayah.
3. Bagi peserta JKN yang melakukan kunjungan ke FKTP lintas wilayah maka akan dikenakan peraturan sesuai ketentuan yang berlaku.
4. Dinkes Kota Samarinda akan melakukan fasilitasi dengan RSUD Abdul Moeis Samarinda terhadap permasalahan rujukan dari puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Kukar.
5. Masing-masing pihak akan memberikan informasi berupa data manual atau digital terhadap kejadian resiko kesehatan dan pelayanan kesehatan masyarakat lintas wilayah terutama terkait program pencegahan dan pemberantasan penyakit, program kesehatan ibu dan anak, program promosi kesehatan.
6. Terkait pada poin ke-5, maka akan dibentuk forum komunikasi antara kedua belah pihak khususnya bagi petugas lapangan di wilayah perbatasan.
7. Perjanjian kerja sama ini ditetapkan dengan jangka waktu dua tahun dan akan dilakukan evaluasi secara berkala oleh kedua belahh pihak.
8. Secara teknis masing-masing Dinas Kesehatan  akan memfasilitasi pertemuan antara kedua puskesmas yang berada di wilayah perbatasan kedua pihak.
Nina, Kadinkes Kota Samarinda, menyepakati hal tersebut dan pihaknya akan berkonsultasi lebih dahulu dengan Pemerintah Kota Samarinda untuk optimalisasi draft perjanjian ini. Ia akan melakukan kunjungan kerja balasan ke Dinkes Kukar sekaligus untuk melakukan penandatangan dokumen perjanjian kerja sama tersebut.
Pihak Dinkes Kukar menyambut baik rencana kunjungan balasan tersebut dan secara teknis akan menyiapkan rencana tindak lanjut untuk memfasilitasi pertemuan antara puskesmas yang berada diwilayah perbatasan kedua pihak.
Disisi lain Imam berharap, upaya kerja sama ini bukan hanya dilakukan dengan Dinkes Kota Samarinda namun juga akan dilakukan dengan kabupaten / kota lain yang berbatasan dengan wilayah Kukar. Dengan demikian permasalahan pelayanan kesehatan khususnya bagi masyarakat di wilayah perbatasan dapat diidentifikasi dan diatasi.

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 36
Hari ini: 37
Total: 9762