Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | RaGaPanTas ( Gerakan Keluarga Peduli Pencegahan & Atasi Stunting ) | Better Information - Better Decision - Better Health

LIMA BANGUNAN BARU PUSKESMAS KUKAR RESMI DIGUNAKAN

Kamis, 18 April 2019

“Bupati Resmikan Gedung Baru Puskesmas Teluk Dalam setelah sebelumnya meresmikan tigas Puskesmas yang lain yaitu Puskesmas Muara Kaman, Handil Baru, dan Batuah sebagai Wujud komitmen Pemerintah Daerah Dalam Mengoptimalkan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat”

KUKAR : Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terus berbenah diri melalui Dinas Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Awal tahun 2019, lima Puskesmas dengan gedung baru yang dibangun pada tahun sebelumnya, oleh Bupati secara resmi mulai dimanfaatkan. Peresmian lima Puskesmas ini dilakukan secara bertahap selama bulan Maret sampai April 2019, dan Setelah tiga Puskesmas diresmikan, hari ini (12/04) Bupati meresmikan penggunaan Gedung baru Puskesmas Teluk Dalam yang bersamaan dengan Lounching Bank Sampah Kecamatan Tenggarong Seberang. “Betapa mewahnya gedung Puskesmas ini, namun yang lebih penting menciptakan pelayanan lebih baik dan merubah pola kerja, pastinya tidak secepat seperti membangun gedung ini” Ujar Edi Damansyah Bupati Kukar saat memberikan sambutan pada peresmian gedung baru Puskesmas Teluk Dalam Kecamatan Tenggarong Seberang.

Lebih lanjut Edi menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada jajaran Dinas Kesehatan, Pimpinan Puskesmas dan pihak-pihak lain yang sudah melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik sehingga pelayanan kesehatan diseluruh Puskesmas yang ada di Kutai Kartanegara berjalan dengan baik.

Disisi lain Edi menggambarkan bahwa tidak mudah bagi Puskesmas untuk mencapai standar akreditasi. Kondisi fisik gedung menjadi nilai tambah dalam penentuan strata akreditasi namun perubahan pengelolaan dan pelayanannya menjadi nilai utama dalam akreditasi tersebut. “Apa yang sudah dilaksanakan hendaknya terus kita tingkatkan walaupun dengan situasi dan kondisi penuh keterbatasan” Ujarnya

Edi juga mengungkapkan rasa bangganya atas pergerakan perubahan yang dilakukan oleh jajaran Dinas Kesehatan dan Puskesmas, namun ia menyayangkan dalam proses perencanaannya belum memanfaatkan secara optimal  data yang ada. Kinerja Dinas Kesehatan ditentukan oleh kinerja Puskesmas terutama pengelolaan BLUD nya, oleh karena itu ia berharap pendampingan yang dilakukan oleh pihak lain seperti BPKP dan Tim Keuangan Pemerintah Daerah mampu diserap Puskesmas untuk mengoptimalkan kinerja BLUD nya.

Kebijakan penerapan BLUD semua Puskesmas merupakan langkah berani yang bisa mempengaruhi opini dari penilaian kinerja keuangan daerah namun Edi tetap optimis jajaran Puskesmas selalu bergerak untuk memperbaiki dan mengoptimalkan kinerjanya. “Apapun kondisinya kita harus bisa memperbaiki itu (BLUD), dan saya optimis karena teman-teman Puskesmas sudah bergerak mencari tahu standar akuntansi pengelolaan BLUD” Ungkapnya


Sementara itu, Rasyid Kepala Bidang SDK Dinkes Kukar dalam sambutannya menyampaikan bahwa awal tahun ini ada lima Puskesmas dengan gedung baru yang siap untuk dimanfaatkan yaitu Puskesmas Handil Baru, Muara Kaman dan Batuah yang lebih dahulu telah diresmikan oleh Bupati, hari ini (12/4) Puskesmas Teluk Dalam diresmikan penggunaannya dan minggu depan direncakanan Puskesmas Kota Bangun akan diresmikan. Ia juga menambahkan bahwa upaya perbaikan pembangunan gedung puskesmas di Kabupaten Kutai Kartanegara diarahkan untuk mendukung peningkatan kepuasan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang bisa mendongkrak penilaian akreditasi Puskesmas. (aa)

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 47
Hari ini: 68
Total: 14640