Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

LIMA NAKES NUSANTARA SEHAT MENGABDI DI KUKAR

Rabu, 11 Oktober 2017

“Mereka Harus Ikut Membumi Dengan Masyarakat, Menyesuaikan Dengan Lingkungan Dan Menguatkan Proses Manajemen di Puskesmas“ Kadinkes Kukar

KUKAR :  Untuk membantu pemerintah kabupaten dan kota akan kebutuhan tenaga kesehatan, Kementerian Kesehatan melakukan penyebaran tenaga kesehatan di seluruh Indonesia salah satunya melalui program Nusantara Sehat. Terkait hal tersebut, lima tenaga kesehatan Program Nusantara Sehat mulai mengabdi di Kabupaten Kutai Kartanegara. ”Kami siap membantu proses penempatan dan memberikan arahan kepada tenaga kesehatan Program Nusantara Sehat sebelum mereka melaksanakan tugas” Ujar Koentijo, Kadinkes Kukar dihadiri oleh beberapa pejabat struktural, saat acara penerimaan tenaga kesehatan Program Nusantara Sehat di ruang Pertemuan Dinkes Kukar (6/10).

Kedatangan Lima tenaga kesehatan program Nusantara sehat tersebut didampingi oleh pejabat dari Kementrian Kesehatan dan Dinkes Propinsi Kaltim. Lima nakes tersebut terdiri dari  satu orang tenaga apoteker dan kesehatan lingkungan serta tiga orang tenaga gizi. Penyebaran tenaga tersebut ke beberapa Puskesmas yaitu di Puskesmas Kahala dialokasikan satu orang tenaga apoteker dan gizi, di Puskesmas Muara Muntai  dan Marang Kayu dialokasikan masing-masing satu orang tenaga gizi, dan di Puskesmas Tabang dialokasikan satu orang tenaga kesling. “Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Pontianak, Maros, Samosir, Toraja dan Kupang” Ujar Kadinkes.

Lanjut Koentijo, ia berpesan bahwa tenaga kesehatan Nusantara Sehat ini  dalam melaksanakan tugasnya lebih dahulu harus mampu menyesuaikan dengan lingkungan sekitar baik terhadap masyarakat dan kebiasaannya serta menyesuaikan dengan lingkungan pekerjaannya. “Mereka Harus Ikut Membumi Dengan Masyarakat, saling membantu dan menyesuaikan dengan lingkungan serta Menguatkan Proses Manajemen di Puskesmas” ujarnya. 

Ia juga menjelaskan kondisi di masing-masing puskesmas, mulai dari karakteristik masyarakatnya sampai pola penyakit yang berbeda antara puskesmas yang satu dengan yang lain. “Pola penyakit dimasing-masing puskesmas bisa berbeda tergantung dari kondisi geografis dan kebiasaan masyarakatnya, untuk itu pendekatannya juga harus berbeda” tegas Koentijo.

Koentijo menambahkan, bahwa Kukar terkenal dengan inovasi-inovasi programnya seperti Gerakan Nikah Sehat, Pusat Pemantauan Persalinan Aman, Kerjasama Bidan - Dukun dan banyak yang lainnya. Untuk itu ia berharap nakes Nusantara sehat ini mampu membantu membuat atau mengembangkan inovasi tersebut ditempat tugas masing-masing.

Sementara itu Abdul samad, kabid SDK, juga memberikan pesan kepada mereka agar dalam melaksanakan tugas tidak terpaku pada tugas utamanya saja namun mengabaikan fungsi koordinasi dengan staf atau pemegang program yang lain. “saya berharap masing-masing tenaga kesehatan ini, selain bekerja sesuai dengan profesinya, namun juga mampu bekerja sama dengan staf yang lain dan menjaga tidak menimbulkan “gap-gap” (kelompok, red)” Ujarnya.

 Akhirnya Koentijo, selaku Kadinkes, memberi pesan kepada tenaga kesehatan Nusantara Sehat agar tetap menjaga hubungan dengan keluarga di daerah asal agar semangat dan silaturahmi tetap terjaga. (waa-qm)

Simpan sebagai :

Berita terkait :