Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | RaGaPanTas ( Gerakan Keluarga Peduli Pencegahan & Atasi Stunting ) | Better Information - Better Decision - Better Health

MONEV MR-MN di Kutai Kartanegara

Kamis, 17 Oktober 2019

Dinkes Kukar menyelenggarakan Monitoring dan evaluasi ( MONEV ) pelaksanaan manual rujukan maternal - neonatal ( MR-MN) selama  3 hari ( 16-18 oktober 2019 ) di hotel Grand Elty Tenggarong diikuti oleh 32 Puskesmas , 3 Rumah sakit dan Klinik Swata yang ada di Kutai Kartanegara.

kegiatan ini adalah  continuum of care  dalam upaya menurukan Angka Kematian Ibu (AKI ) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang dilakukan sejak tahun 2016 di mulai dengan pembentukan kelompok Kerja ( Pokja ) Penyusunan MR-MN di kutai Kartanegara  yang melibatkan banyak Stakeholder  dari Rumah sakit, Puskemas, BPJS dan Organisasi Profesi  yang terkait , agar sistem yang di rancang dapat berjalan dengan optimal.

MR-MN merupakan tool / acuan yang disepakati tenaga kesehatan untuk menjalankan  sistem rujukan pelayanan ibu dan bayi yang disesuaikan dengan era JKN, yang tujuannya adalah menggambarkan alur kegiatan pelayanan ibu hamil, persalinann nifas dan pelayanan bayi berdasarkan continuum of care lengkap dengan pedoman dan SOP yang terkait dengan sumber pembiayaan, menjelaskan uraian tugas ( job description) lembaga - lembaga  dan profesi yang terlibat dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, dan sebagai  acuan kegiatan dilapangan untuk kelompok kerja rujukan dalam perencanaan, pelaksanaan dan monitoring hasil.

" MR-MN ini sudah dilaksanakan di beberapa wilayah di indonesia seperti provinsi Yogyakarta, Provinsi NTT dan Provinsi Kaltim dengan karakteristik wilayah dan permasalahan yang berbeda- beda , oleh karena itu  untuk proses pelaksanaan  dan monitoring diserahkan kepada masing - masing wilayah untuk pengembangannya" jelas dr Sitti Noor Zaenab,M.Kes selaku Konsultan KIA PKMK UGM dari Yogyakarta.

Di kabupaten Kutai Kartanegara (KUKAR ) sampai dengan Agustus 2019, angka persalinan oleh tenaga kesehatan mencapai 64%,  persalinan di fasilitas kesehatan  94%, penanganan komplikasi maternal sebanyak 81% dan Untuk penanganan neonatal komplikasi 65%. Sementara angka kematian maternal di Kukar 18/8958 KH, sedang kematian bayi sebesar 86 / 1898 KH.

Peserta pertemuan monitoring dan evaluasi pelaksanaan  MR-MN  tampak antusias melaksanakan diskusi terkait permasalahan dalam rujukan maternal di Kabupaten Kukar dan mencoba mencari solusi pemecahan masalahnya."kami sangat mendukung dan berterimakasih atas terselenggaranya acara ini, karena dengan pertemuan ini dapat menambah wawasan baru, dapat menyampaikan permasalahan yang dihadapi di lapangan dan mecoba mencari solusi bersama-sama " ujar Candra salah satu peserta pertemuan.

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 26
Hari ini: 28
Total: 15221