Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

MUSIM PENGHUJAN, WASPADA DBD

Selasa, 25 Oktober 2016

TENGGARONG- Musim penghujan yang masih berlangsung saat ini, Kepala Puskesmas Loa Ipuh, Bagus Catur Riyanto mengimbau kepada masyarakat, agar waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue(DBD), yang disebabkan oleh gigitan nyamuk jenis aedes aegypti, yang berkembangbiak pada genangan air.
“Saat ini masih musim penghujan, biasanya sering terjadi genangan air dimana nyamuk Aedes berkembangbiak,  dan masyarakat sangat rawan terkena penyakit DBD, “ kata Bagus, diruang kerjanya belum lama ini.
Antisipasinya, masyarakat diimbau untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dengan membersihkan lingkungan sekitar, mengubur barang-barang bekas yang tidak terpakai, yang berpotensi menimbulkan genangan air. Nyamuk Aedes lebih aktif pada siang hari.


Masih menurut Bagus, nyamuk jenis aedes aegypti saat ini bukan hanya menyebarkan virus Dengue saja, akan tetapi juga mampu menyebarkan Virus Zika, yang mana gejala penyakitnya hampir mirip dengan DBD, diawali dengan demam yang tinggi, dan timbul ruam merah pada berbagai bagian tubuh.


“ Bahkan yang lebih berbahaya lagi Virus Zika, bisa menyebabkan kerusakan jaringan otak pada janin bayi yang didalam kandungan ibu hamil.  Tidak semua nyamuk membawa dan menyebarkan Virus Dengue dan Zika, akan tetapi masyarakat tetap harus waspada, “ ujarnya.(WAA/Rian)

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 23
Hari ini: 18
Total: 11401