Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PASAR MANGKURAWANG JADI TARGET PASAR SEHAT 2018

Kamis, 31 Agustus 2017

TENGGARONG- Ditargetkan tahun depan pasar Gerbang Raja Mangkurawang sudah menjadi pasar sehat Kabupaten Kukar, berbagai upaya akan dilakukan dua OPD yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinkes Kukar, guna mewujudkan pasar sehat, diantaranya mensosialisasikan kepada para pedagang untuk membiasakan perilaku sehat di pasar.

“Kita targetkan 2018, pasar Mangkurawang sudah menjadi pasar sehat kabupaten,” kata Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Kukar, Eryariyatin, saat Grand Lounching Radio line sebagai media penyebaran informasi menuju pasar sehat Gerbang Raja Mangkurawang, Senin(28/8) kemarin.


Yaya panggilan akrab Eryariyatin menambahkan, mewujudkan pasar sehata akan melibatkan tiga puskesmas yang ada di Tenggarong, Loa Ipuh, Rapak Mahang dan Mangkurawang, untuk rutin memberikan penyuluhan kesehatan kepada pedagang melalui media Radio line. Sambil tetap bersinergi dengan Disperindag selaku pengelola pasar Mangkurawang.

“Sosialisasi nantinya dalam bentuk penyuluhan pola hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungan pasar yang sehat, sampai ke tingkat resiko penyakit yang timbul akibat tidak menciptakan lingkungan yang sehat,”jelasnya.

 

Sementara itu, Kadisperidag Surip mengatakan, terima kasih kepada Dinkes Kukar, yang telah melounching Radio line yang sempat vakum beberapa bulan. Radioline pasar Mangkurawang merupakan hibah dari  Kementerian Kesehatan tahun lalu, dan ditindaklanjuti oleh Dinkes untuk operasionalisasinya. Media Radioline ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi, bukan hanya oleh Disperindag dan Dinkes namun OPD terkait juga bisa memanfaatkan untuk sosialisasi program seperti dari Satpol PP.

“Radio line bisa diisi OPD selain Disperindag dan Dinkes. Diisi bisa sepekan sekali atau lebih, yang terpenting bisa memberikan informasi yang positif terhadap pedagang,”ujarnya.

 

Surip juga berharap pasar Mangkurawang bisa menuju pasar sehat tingkat Kabupaten, dengan memaksimalkan Radio line yang tersedia. Sebelumnya pasar Mangkurawang sudah mendapatkan predikat pasar tertib ukur dari Kemenperindag.             

“Selain Pasar Mangkurawang, Pasar Loa Kulu juga sudah mendapatkan predikat pasar tertib ukur, sebagai upaya perlindungan konsumen, mudah-mudahan menjadi pasar Sehat bisa terwujud,” paparnya.

Simpan sebagai :

Berita terkait :