Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PELANTIKAN PIMPINAN SBH CABANG KUKAR PERIODE 2015-2020

Jumat, 12 Februari 2016

TENGGARONG :

“PROGRAM KERJA YANG DIJALANKAN HARUS MEMBERIKAN KONTRIBUSI BAGI PEMBANGUNAN DI KUKAR KHUSUSNYA BIDANG KESEHATAN”Permasalahan kesehatan bukan hanya menjadi tanggung jawab bidang kesehatan namun juga menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat serta melibatkan organisasi – organisasi kemasayarakatan. Hal ini yang mendasari Dinas Kesehatan gencar  menggalakkan upaya kesehatan bersumber masyarakat yang salah satunya adalah Geralam Saka Bakti Husada. Untuk menguatkan gerakan tersebut Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka membentuk pengurus Pimpinan Saka Bakti Husada periode 2015-2020 dan dilantik oleh Ketua Kwarcab pada 9 Januari 2016 yang lalu di Aula Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara,

 

Edi, Ketua Kwarcab , mengatakan bahwa Saka Bakti Husada adalah gerakan pramuka yang lebih memfokuskan kepada pemahaman tentang aplikasi dan teori kesehatan namun juga tetap dibekali pendidikan dasar kepramukaan. Ia berharap program kerja yang akan dibuat oleh pengurus SBH cabang periode ini akan mampu memberikan kontribusi untuk mendukung program pembangunan di Kukar khususnya bidang kesehatan.

 

Sementara itu Imam, Kabid Binkesmas selaku Majelis Pembina Cabang SBH yang hadir pada saat pelantikkan mengatakan Gerakan Saka Bakti Husada sudah dikembangkan oleh beberapa puskesmas sebagai upaya kesehatan berbasis masyarakat yang membantu kegiatan program puskesmas, namun justru pengurus di tingkat kabupaten yang belum terlalu aktif. Pelantikan pimpinan Saka Bakti Husada Cabang bulan lalu, memberikan harapan besar terhadap pengembangan gerakan Saka Bakti Husada di pangkalan puskesmas yang belum ada pengurusnya.

 

Yang perlu diketahui oleh seluruh pimpinan SBH bahwa program Saka Bakti Husada dijabarkan dalam Enam Krida (Ketramilan Dasar):

1.      Krida Bina Lingkungan Sehat

2.      Krida Bina Keluarga Sehat

3.      Krida Bina Penaggulangan Penyakit

4.      Krida Bina Gizi

5.      Krida Bina Obat dan

6.      Krida Bina PHBS

 

Saat ini kurang lebih ada sepuluh pangkalan SBH puskesmas yang aktif namun kegiatan mereka belum mencakup semua krida. Beberapa kegiatan mereka selain mendukung tim kesehatan pada even-even kedaerahan dan hari hari besar nasional, juga membantu melakukan penyuluhan ke sekolah, membagi abate, membantu melakukan fogging di beberapa tempat dan mengikuti kegiatan bakti sosial.

 

Dengan adanya pengurus baru dewan pimpinan SBH Cabang ini, diharapkan program kerja yang dibuat mampu menjembatani dan membimbing kegiatan SBH pangkalan yang ada di puskesmas dalam rangka mengoptimalkan fungsi upaya kesehatan berbasis masyarakat.

 

Imam, memberikan arahan kepada pimpinan SBH yang baru untuk segera membuat program kerja, target kegiatan,  time table, dan rencana pertemuan secara berkala agar apa yang menjadi keinginan dan harapan ketua kwarcab agar ada tindakan nyata setelah dilantik dapat diwujudkan.

 

Susunan Pengurus Inti Pimpinan Saka Bakti Husada Cabang Kutai Kartanegara periode 2015-2020

1.      Ketua                                                  : Eko Budiono

2.      Wakil Ketua 1                                     : Weldy Andy Arif

3.      Wakil Ketua 2                                     : Surianto

4.      Sekretaris 1                                         : Yamin Hadi

5.      Sekretaris 2                                         : Ratniwati

6.      Sekretaris 3                                         ; Endang Yuni Hartati

7.      Bendahara 1                                        : Zainur Rahman

8.      Bendahara 2                                        : As Wahyudiniyah

7.      Krida Bina Lingkungan                      : M Ali Qomaruzaman

8.      Krida Bina Keluarga Sehat                 : Sri Lindawati

9.      Krida Bina Penaggulangan Penyakit  : Agus Wardiansyah

10.  Krida Bina Gizi                                   : Gina Atika

11.  Krida Bina Obat dan                          : Dewi Dina Yuniarti

12.  Krida Bina PHBS                               : Arif Rahman

Simpan sebagai :

Berita terkait :