Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PENCANANGAN KAMPAYE IMUNISASI MEASLES DAN RUBELLA DI KUKAR

Rabu, 1 Agustus 2018

“Bukan Hanya Seremoni, Namun Pencanangan kampanye ini tersampaikan dengan baik pada 223 desa dan kelurahan dan 18 kecamatan di Kutai Kartanegara” Ujar Plt Bupati. 

Kukar : Angka kematian anak akibat campak didunia cukup tinggi dan terus meningkat mencapai 20 kematian perhari. Miris memang, melihat kondisi ini Kementrian Kesehatan dan didukung oleh Majelis Ulama Indonesia meluncurkan Gerakan Nasional Kampanye Imunisasi Measles dan Rubella pada Bulan Agustus 2018 untuk mencegah menyebarnya penyakit campak tersebut. Menindaklanjuti gerakan tersebut, pencanangan kampanye imunisasi MR di Kutai Kartanegara dilakukan oleh Plt Bupati Kukar di SDN 010 Desa Maluhu Kecamatan Tenggarong. (01/08). Yang dihadiri oleh perwakilan WHO, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi, Kepala SKPD terkait, Organisasi Profesi, Jajaran Dinas Pendidikan, Jajaran Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

 

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa informasi kampanye imunisasi MR ini secara struktur organisasi sudah harus sampai kepada struktural sosial dimasyarakat. “Jangan sampai ada orang tua yang belum memahami tentang imunisasi ini” Ungkapnya. Ia berharap semua komponen masyarakat mendukung kegiatan ini.

Lanjutnya, Kegiatan ini tidak berhenti pada pencanangan namun harus berkesinambungan. “Bukan Hanya Seremoni, Namun Pencanangan kampanye ini tersampaikan dengan baik pada 223 desa dan kelurahan dan 18 kecamatan di Kutai Kartanegara” Tegasnya

Jajaran Dinas Kesehatan terus melakukan pemantauan , croscheck sehingga betul2 dipastikan terlaksana dengan baik dengan sasaran yang tepat yaitu untuk anakk usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun.  “Siapkan rencana tindaknya, bukan hanya 205.608 sasaran anak yang ada di Kukar namun pasti lebih” ungkapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Daman menekankan pada Peran Camat, Lurah, Kepala desa dan RT untuk dapat mengidentifikasi dan menginventarisir anak-anak tersebut yang tidak masuk dalam data sekolah. Sehingga sasaran sesuai target terpenuhi bahkan bisa lebih.

 

Sementara itu, Arpan Boma Plt Kepala Dinas Kesehatan Kukar dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya melalui Puskesmas sudah menyiapkan 2149 pos pelayanan yang tersebar 18 kecamatan dan 32 puskesmas. Menurutnya, Kampanye imunisasi MR ini merupakan pekerjaan besar dan bukan hanya tanggung jawab dinas kesehatan dan jajarannya saja. “Kampanye imunisasi MR ini akan berhasil, apabila ada dukungan dari semua pihak” Harapnya. (waa)

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 15
Hari ini: 12
Total: 11366