Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PESERTA DIKLAT JABFUNG BIDAN KUNJUNGI PUSKESMAS DI TENGGARONG

Jumat, 6 Oktober 2017

“Sebagai Syarat  Tenaga Fungsional Bidan Untuk Peningkatan Jenjang Kepangkatan dan Keahlian Tugasnya di Lapangan” Kabid Kesmas

 

KUKAR : Bapelkes Kaltim menugaskan peserta pelatihan Jabfung Bidan Se Kaltim,  Ke Rumah Sakit, Puskesmas dan BPM di Tenggarong sebagai syarat untuk kenaikan pangkat dan peningkatan keahlian dalam mendukung tugas – tugas mereka setelahnya. “Sekitar tiga puluh orang peserta pelatihan Jabfung bidan melaksanakan praktek lapangan di Rumah sakit AMP, Puskesmas Loa Ipuh, Rapak Mahang dan di Bidan Praktek Mandiri sebagai syarat kenaikan pangkat dan peningkatan keahlian mereka dalam penanganan pasien kebidanan” Ujar kabid Kesmas yang disampaikan Endang salah satu Instruktur Klinis praktek lapangan saat ditemui di Dinkes Kukar (2/10).

Lanjut Endang, dalam prakteknya peserta bidan tersebut belajar bagaimana membuat Standar Operasional Prosedur dalam menangani pasien kebidanan. Penanganan pasien tersebut, yang berada di Rumah Sakit, Puskesmas atau di Bidan Praktek Mandiri. Selama satu hari, para bidan peserta mengikuti arahan dari Clinical Instruktur yang merupakan tenaga bidan koordinator dari masing-masing puskesmas, bidan praktek maupun rumah sakit .

Ia menjelaskan, setiap peserta bidan wajib mempelajari SOP proses penanganan setiap pasien mulai dari pengkajian sampai dokumentasi  untuk kasus ibu hamil fisiologis, ibu hamil patologis, ibu nifas dan bayi baru lahir. “Mereka mempelajari SOP dan membuat cacatan harian bagi setiap pasien dan bagaimana cara penangannya mulai dari A  sampai Z (penanganan secara menyeluruh, red) ” Ujar Endang.

 

Selain itu mereka juga diberikan penjelasan tentang prosedur dalam Manual Rujukan yang sudah diterapkan di Kutai Kartanegara. “Peserta Jabfung bidan juga diberikan pemahaman tentang proses manual rujukan oleh Kabid Kesmas yang sudah diterapkan di Kukar yang nantinya bisa diterapkan di tempat kerja mereka masing-masing” Kata Endang.

Simpan sebagai :

Berita terkait :