Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PKM BADAK BARU KENALKAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA ICASS

Jumat, 25 Agustus 2017

“Pemasangan ICASS Mampu Mengusir Nyamuk Dan Lalat di Dalam Ruangan” Alwi KTU Pkm Badak Baru.

 

BADAK BARU  : Nyamuk, Lalat dan serangga lainnya pastilah sangat mengganggu bila berada dilingkungan tempat tinggal kita. Hal seperti ini sering dikeluhkan oleh masyarakat kepada Ambo Alwi Kepala Bagian Tata Usaha yang juga seorang Ahli Kesehatan Lingkungan Puskesmas Badak Baru. ”Untuk mengatasi serangga penggangu ini, Kami mulai memperkenalkan alat sederhana bernama ICASS  (Insect Controll Air System Sofyang) untuk mengusir nyamuk dan lalat yang mengganggu, yang bisa dipasang di rumah tangga, kantor, rumah makan , restoran dan tempat-tempat umum lainnya” Ujar Alwi saat ditemui di kantornya. (13/8)

 

Lebih lanjut Alwi menjelaskan bahwa ICASS ini adalah alat yang sangat sederhana yang dikembangkan oleh seorang Ahli Kesling bernama Sofyan yang terdiri dari bahan paralon, sambungan pipa, mesin mini pembuat asap dan kipas angin mini serta minyak sereh yang biayanya tidak lebih dari 200 ribu rupiah. (seperti dalam foto)

Alat ini sudah ia perkenalkan dengan masyarakat dan pemerintah Desa Badak Baru. “Dari Hasil sosialisasi, pihak desa sudah menganggarkan pembuatan alat ini untuk Tahun 2018” ungkapnya.

 

Alwi menjelaskan bahwa ia sudah melakukan uji coba alat ini untuk ruangan dirumah pribadinya. Hasilnya selain mengusir nyamuk dan lalat dari rumah, alat ini juga mengeluarkan aroma daun sereh yang segar dan menyebar diruangan sekitar. “Selain untuk rumah tangga, alat ini juga cocok untuk ruang perkantoran, warung makan, restoran dan tempat-tempat lain” ungkapnya

Apabila masyarakat Desa Badak Baru mulai memanfaatkan alat ini, maka diharapkan selain mencegah resiko penyakit yang diakibatkan oleh serangga lalat juga mampu mengurangi resiko gigitan nyamuk pada pagi dan malam hari.

 

Alwi pun bersedia membantu mengajarkan pembuatan alat ini pada pihak – pihak lain diluar wilayah kerjanya, baik itu  sejawat puskesmas, pemerintah desa, restoran dan lain-lain. Pihaknya juga sudah mulai memperkenalkan alat ICASS pada desa-desa lain di wilayah Muara Badak. (CP. ALWI : 081253750522)

 

 

“Selain Desa badak Baru, kami sudah mulai memperkenalkan alat ini kepada Desa yang lainnya,  agar mereka juga bisa memanfaatkan alat ini dan mengurangi resiko penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk dan lalat” Pungkasnya .

Simpan sebagai :

Berita terkait :