Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PKM SUNGAI MERDEKA LAKUKAN SCREENING KANKER LEHER RAHIM PADA WUS

Senin, 31 Juli 2017

“Sukseskan Program PTM, Kerja Sama Dengan IBI, Prodia Dan IPEMI Lakukan IVA Test dan Pap Smear Gratis Bagi Masyarakat” Dr. Sugiarti Kepala PKM Sungai Merdeka.

SAMBOJA : Bermula dari berita booming meninggalnya salah satu artis ibu kota karena cancer cervix, masyarakat berbondong-bondong dan antusias mengikuti kegiatan screening kanker leher rahim di Puskesmas Sungai Merdeka untuk dilakukan Iva Test dan Pap Smear pada tanggal 26-27 Juli. “Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyukseskan program Germas – PTM, dengan mengadakan kegiatan screening kanker leher rahim melalui IVA Test dan Pap Smear bagi Wanita Usia Subur (WUS) serta dilaksanakan bekerjasama dengan IBI Cabang Sungai Merdeka, Labkes Prodia Balikpapan, dan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) dan CV Ikatani Samboja”. Ujar Sugiarti Kapusk Sungai Merdeka disampaikan via telepon. (27/7).

Lanjut Sugiarti, yang juga sebagai dokter Puskesmas, bahwa masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terbukti jumlah WUS yang mendaftar sebanyak 150 orang. Oleh karena membludaknya pendaftar maka kegiatan pelayanan dilakukan di dua tempat, pada tanggal 26 Juli di Puskesmas Sungai Merdeka sebanyak 60 WUS dan tanggal 27 Juli di Pusban Karya Merdeka sebanyak 40 WUS. Sebagian WUS tidak bisa dilayani oleh karena secara teknis medis tidak memenuhi syarat seperti dalam kondisi haid dan tidak datang pada saat pelayanan.

Selain pemberian pelayanan screening kanker leher rahim, peserta juga mendapatkan informasi melalui penyuluhan Kanker leher rahim, Pemeriksaaan Payudara sendiri . Pentingnya ASI Eksklusif, PHBS dan beberapa penyakit menular.

Suksesnya kegiatan ini, berkat kerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia Cabang Sungai Merdeka, Laboratorium Kesehatan Prodia Balikpapan, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia dan CV. Ikatani Samboja . “Secara teknis pemeriksaan dilakukan oleh Tim dari Labkes Prodia, sedangkan penyelenggaraan dan penyampaian informasi kepada masyarakat dibantu oleh IBI dan ibu-ibu yang tergabung dalam Pengusaha Muslimah Sungai Merdeka”Ujarnya.

Kegiatan pelayanan ini dikhususkan bagi WUS peserta BPJS, namun beberapa anggota masyarakat yang bukan peserta BPJS tetap diberikan pelayanan dengan harga khusus. “Labkes Prodia secara gratis melayani WUS peserta BPJS, namun memberikan harga khusus bagi peserta Non BPJS. Momen ini juga, memicu masyarakat untuk menjadi peserta BPJS” Kata Sugiarti menyampaikan informasi dari pihak Prodia.

 

“Dengan makin masyarakat menyadari pentingnya pemeriksaan Iva Test dan Pap Smear ini, maka diharapkan kasus kanker leher rahim khususnya di Sungai Merdeka dapat dicegah dan atau diatasi sejak dini” Pungkasnya. 

Simpan sebagai :

Berita terkait :