Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

POJOK JAMU PUSKESMAS RAPAK MAHANG

Jumat, 9 Maret 2018

“Kami menyediakan ramuan jamu ini yang bersumber pada tanaman obat keluarga dan beberapa jenis tanaman tersebut kami tanam di halaman samping Puskesmas” Kapusk Rapak Mahang".

KUKAR : Pelayanan pengobatan komplementer di Fasilitas pelayanan kesehatan pada saat ini menjadi sebuah pengobatan alternatif bagi masyarakat oleh provider. Hal ini yang dilakukan oleh Puskesmas Rapak Mahang dalam mengembangkan pelayanan pengobatan alternatif melalui penyediaan Pojok Jamu. “Kami sudah rencakan jauh hari bahwa sudah selayaknya  puskesmas menyediakan ramuan jamu, karena pada dasarnya banyak penyakit-penyakit degeneratif atau penyakit tidak menular yang bisa dicegah dengan ramuan jamu, untuk itu mulai hari ini Puskesmas Rapak Mahang membuka  Pelayanan Pojok Jamu” Ujar Eko Marmono Kepala Puskesmas Rapak mahang saat memberikan sambutan Lounching Pojok Jamu di Lorong Ruang Tunggu Pasien Puskesmas. (5/3)

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa menurut berbagai riset masyarakat Indonesia suka minum jamu. Untuk itulah Puskesmas Rapak Mahang salah satu Puskesmas di Kukar mengawali untuk membuka pelayanan pengobatan komplementer dengan menyediakan Pojok Jamu. “Kami menyediakan ramuan jamu ini yang bersumber pada tanaman obat keluarga dan masyarakat bisa melihat beberapa jenis tanaman obat keluarga tersebut yang kami tanam di halaman samping Puskesmas” Ungkapnya.

Eko juga mengharapkan, pengembangan pelayanan pojok jamu ini didukung oleh dinas kesehatan dalam bentuk pelatihan tenaga dokter dan farmasi Puskesmas dalam membuat racikan jamu serta dukungan bahan-bahannya. “Yang dilatih adalah dokter dan apoteker puskesmas tentang scientifikasi jamu” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Dewi Kepala Seksi Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan mengatakan bahwa Puskesmas Rapak Mahang merupakan puskesmas dengan segudang prestasi yang puncaknya adalah sebagai Puskesmas berprestasi tahun 2017, disamping itu juga merupakan Puskesmas dengan status akreditasi utama. Saat ini Puskesmas Rapak Mahang melahirkan ide baru dengan membuka layanan Pojok Jamu. “Pelayanan Pojok Jamu ini merupakan satu-satunya di Kutai Kartanegara dan dinas kesehatan sangat mensupport ide ini “ Ujarnya.

Selanjutnya Dewi menyampaikan penekanan pada higienis pengelolaan jamu tersebut pada proses pembuatan sampai penyajiannya. Penekanan tersebut mulai dari pemilihan dan kebersihan bahan baku, higiene peralatannya  dan kesehatan lingkungannya. “Harus diperhatikan oleh puskesmas, untuk pengelolaan jamu tersebut mulai dari bahan bakunya, kebersihan peralatannya termasuk higiene sanitasinya sarana dan prasaranya” Ungkap Dewi. 

Yang perlu diperhatikan lagi adalah mewaspadai beberapa jamu yang dicampur dengan bahan kimia obat yang bisa membahayakan pemakainya, seperti jamu yang dicampur dengan obat pereda sakit.

Ia berharap Layanan Pojok jamu ini, bisa memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesehatan masyarakat serta dapat menambah penghasilan bagi Puskesmas. “Kami berharap Pelayanan Pojok Jamu ini bisa menambah penghasilan Puskesmas dan meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat” Pungkasnya. (waa)

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 16
Hari ini: 20
Total: 10984