Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

POSYANDU KASI BUNDA DESA PERANGAT BINAAN PUSKESMAS MASUK NOMINASI POSYANDU TERBAIK SE-KALTIM

Kamis, 6 Desember 2018

“Posyandu Kasih Bunda Desa Perangat Meraih Predikat Terbaik Di Kukar Dan Masuk Nominasi Posyandu Terbaik Se Kaltim “ Ujar Ari Kapusk Perangat

KUKAR : Perjuangan yang panjang dilakukan oleh Puskesmas Perangat bersama dengan unsur Pemerintah Desa, kader dan dukungan pihak swasta  agar posyandu yang dibinanya masuk dalam kategori Posyandu terbaik. Akhirnya tahun 2018 Posyandu Kasih Bunda Desa Perangat Selatan Kecamatan Marang Kayu dalam even lomba Posyandu tingkat Kabupaten meraih Posyandu Terbaik di Kabupaten Kutai Kartanegara. “Setelah menjadi posyandu terbaik tingkat kabupaten, Posyandu Kasih Bunda menjadi nominasi posyandu terbaik tingkat Propinsi yang seleksinya dilakukan akhir Nopember kemarin”. Ujar Ari Kepala Puskesmas Perangat saat ditemui di kantornya. 

Lebih lanjut Ari yang juga menjadi tenaga dokter di Puskesmas Perangat tersebut menjelaskan bahwa Pendampingan teknis kesehatan dari Puskesmas bersama dengan unsur pemerintah desa kepada Posyandu Kasi Bunda dilakukan lebih dari empat tahun sehingga mendapatkan hasil yang saat ini meraih predikat Posyandu Terbaik tingkat Kabupaten. Sesuai dengan kriteria dalam penilaian lomba Posyandu terbaik maka selain standar pelayanan yang diberikan harus optimal dan capaian target sasaran maka penilaian terhadap kegiatan pengembangan dan inovatsi yang ada pada Posyandu tersebut menjadi nilai tambah dalam seleksinya.

Beberapa Program Tambahan Posyandu Kasi Bunda Desa Perangat Selatan yang sudah dijalankan antara lain melaksanakan program Bina Keluarga Balita, menggabungkan dengan dengan Taman Kanak-Kanan Pendidikan Alquran (TK/TPA), Kelas Ibu Balita dan Kelas Ibu hamil serta melakukan integrasi kegiatan posyandu lansia dan kegiatan Posbindu PTM.

Sedangkan program inovasi yang dikembangkan oleh Posyandu Kasih Bunda adalah 

1. pembuatan Kolam Balitaku yang bersisi peternakan ikan yang hasilnya selain dikonsumsi     untuk keperluan PMT Balita juga untuk menambah penghasilan dari Posyandu  tersebut. 

2. Inovasi pembuatan Kebun Balita “Sri Rezeki” yaitu kebun buah yang berisi budi daya tanaman buah naga yang hasilnya sebagian untuk mendukung program inovasi Pos Gizi di Posyandu kasih Bunda.

3. Program Inovasi Pos Gizi yang diadakan setiap bulan sekali untuk mendukung penanggulangan dan pencegahan terhadap kasus-kasus BGM yang menjurus kepada Gizi kurang.

4. Pembuatan Kebun Toga dan Warung Hidup Hayati adalah bentuk inovasi budi daya tanaman obat keluarga yang semua hasilnya dijual kepada masyarakat melalui warung hidup di Posyandu tersebut.

5. Posyandu Kasih Bunda juga menyediakan layanan inovatif pijat bayi yang dinamakan dengan Pojok Tersenyum.

6. Selain itu posyandu Kasih Bunda menyediakan tempat khusus berupa pijakan kaki dengan tonjolan batu yang dinamakan Pojok Terapi Kaki “Mugi Sehat”

7. Untuk lebih meningkatkan pendapatan kader dan masyarakat, Posyandu Kasi Bunda juga membuat program Bank Sampah dan Pojok Kreasi. 

Ari juga menjelaskan bahwa, dukungan pembinaan bukan hanya dari pemerintah desa dan masyarakat namun beberapa pihak swasta juga ikut mendukung kegiatan posyandu tersebut dalam bentuk sarana dan prasarana.  Dana Bantuan PT Mahakam Sumber Jaya  untuk Paving Halaman Posyandu dan Dana Bantuan PT VICO Indonesia untuk  Teras dan Kanopi Posyandu . Selain itu ia juga menjelaskan bahwa prestasi lain yang diraih oleh Posyandu tersebut cukup banyak diantaranya mulai dari juara lomba cerdas cermat kader pada tahun 2002 sampai Juara lomba balita sehat tahun 2017.

Akhirnya Ari berharap pada even lomba Posyandu Tingkat Propinsi,  posyandu Kasi Bunda meraih predikat Terbaik yang nantinya masuk dalam Nominasi Posyandu Terbaik Nasional. “Saya berharap bisa mencapai predikat Posyandu terbaik tingkat Nasional” Pungkasnya

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 30
Hari ini: 18
Total: 11401