Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PUSKESMAS DAN DINKES KUKAR KUNKER KE DUA KOTA

Senin, 13 Februari 2017

“Pembelajaran Untuk Optimalkan Penerapan BLUD, Akreditasi Puskesmas dan Rawat Inap 24 Jam”

TENGGARONG- Pekan lalu Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kukar melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Puskesmas dua kota, yaitu Balikpapan dan DKI Jakarta, maksud kunker untuk menguatkan pengalaman tentang Puskesmas yang sudah sejak lama menerapkan BLUD dan terakreditasi, serta pengelolaan Puskesmas dengan pelayanan 24 jam. Kukar sebagian besar Puskesmasnya sudah menerapkan BLUD dan serta sudah terakreditasi namun belum ada yang menerapkan pelayanan 24 Jam.

“ Tujuan kami ke Balikpapan dan Jakarta, untuk mempelajari secara mendalam tentang pengelolaan Puskesmas Pelayanan 24 jam, serta proses Akreditasi puskesmas, “ kata Ketua Rombongan Dinkes Kukar, Imam Pranawa Utama, yang juga menjabat sebagai Kabid Kesehatan Masyarakat.

Menurut Imam, kunjungan diawali ke Dinkes Balikpapan, selanjutnya lebih banyak pendalaman dilapangan dengan mengunjungi Puskesmas Klandasan Ilir, yang telah membuka layanan IGD selama 24 jam. Berdasarkan Pergub Kaltim Nomor 11/2014 tentang penyelengaraan puskesmas 24 jam di Kaltim, tujuh puskesmas di Balikpapan sudah ditetapkan menjadi puskesmas 24 jam, diupayakan satu kecamatan terdapat satu puskesmas yang tersedia pelayanan UGD 24 Jam.

“ Pelayanan tahap 1 dari puskesmas 24 jam disubsidi pemprov Kaltim, sedangkan pelayanan tahap II dibiayai APBD kota. Di Balikpapan sebagian besar Puskesmas rawat inap sudah terakreditasi, “ ujarnya.

Imam menambahkan, guna menerapkan tarif pelayanan kesehatan  diperkuat dengan Perdakot Balikpapan Nomo 09/2012 tentang tariff pelayanan puskesmas, regulasi ini diterbitkan untuk mengakomodir Puskesmas yang pengelolaannya sudan menjadi Badan Layanan Umum daerah(BLUD).

“ Puskesmas Klandasan Ilir sudah ada rawat inap serta IGD 24 jam sejam 2009, sedangkan sudah menerapkan pola BLUD sejak tahun 2013 lalu, bahkan puskesmas Klandasan ilir  mendapatkan Akreditasi Madya sejak Mei 2016 lalu, “ jelasnya.

Untuk persoalan SDM, puskesmas Klandasan Ilir memiliki 70 tenaga medis dan non medis, sebanyak 30 orang  berstatus PNS, sebanyak 40 orang berstatus tenaga bantu atau Outsorcing. Untuk tenaga Outsorcing tidak semuanya bertugas dirawat inap. Untuk besaran honorarium petugas Outsorcing menerima Rp1,5 juta per bulan.

“ waktu kerja Puskesmas Klandasan terbagi tiga shif, untuk tindakan medis rawat jalan, rawat inap Inveksi, dan rawat inap persalinan, “ jelasnya.

Usai Study Banding di Balikpapan dilanjutkan Study banding ke Dinkes Kota Jakarta, dengan tujuan Puskesmas Senen, puskesmas tersebut sudah meraih akreditasi Paripurna dan juga BLUD penuh sejak lama. Sudah meraih sertifat ISO 9001-2008 Mutu Pelayanan sudah diraih sejak 2005.

“ Kunci utama Puskesmas Senen mendapatkan Akreditasi Paripurna, karena sejak awal sudah menargetkan ingin meraih Akreditasi Paripurna yang akhirnya terwujud. Semoga apa yang didapat dari dua kota tersebut bisa kita terapkan demi perbaikan pelayanan kesehatan di Kukar, “ jelasnya.

Puskesmas Senen juga menerapkan Inovasi pelayanan seperti, Kilinik Metaton, pelalyanan KB keliling, VCT Mobil di LP, Ketuk Pintu Layani Dengan Hati(KPLDH)serta Mobile IVA Test. Puskesmas Senen juga terdapat bidang yang mengurusi Analisis Jabatan(Anjab) untuk merekrut tenaga tetap kesehatan.

“ Yang kami apresiasi luar biasa, pelatihan Pasien safety, Service Excellence dengan mengunakan kas puskesmas dari pengelolaan BLUD, “ pungkas Imam.

Menyikapi hasil  kunjungan pembelajaran tersebut Imam optimis dengan pertimbangan SDM yang ada di Puskesmas maka tahun depan akan dilakukan uji coba penerapan pelayanan 24 Jam khususnya bagi Puskesmas yang sudah berstatus BLUD dan terakreditasi seperti Rapak Mahang, Samboja dan Loa ipuh. (waa/ry).

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 54
Hari ini: 26
Total: 10276