Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PUSKESMAS LOA KULU, RAIH AKREDITASI NASIONAL STRATA MADYA

Rabu, 31 Agustus 2016

“Namun Yang Lebih Penting Kami Akan Mempertahankan Dan Meningkatkan Kualitas Pelayanan Puskesmas Kepada Masyarakat Secara Konsisten Sesuai Persyaratan Dalam Akreditasi.” Amarani Kepala Puskesmas Loa Kulu.

KUKAR : Tahun ini Sembilan Puskesmas Kukar berproses untuk penerapan Akreditasi Nasional, diantaranya adalah  Puskesmas Loa Kulu yang sudah mendapatkan predikat Akreditasi Nasional Tingkat Madya, Keputusan ini sesuai dengan Surat Penetapan dari Kementrian Kesehatan tentang hasil Penilaian Tim Surveyor Penerapan Akreditasi Nasional untuk Puskesmas wilayah Propinsi Kaltim. “ Penetapan Akreditasi Puskesmas Loa Kulu ini adalah yang pertama kali bagi Puskesmas di Kukar yang mendapat predikat Akreditasi Nasional dan hal ini sesuai dengan harapan kami meskipun masih di Strata Madya” Ujar Imam Kepala Bidang Binkesmas sebagai penanggung jawab program Akreditasi Dinkes Kukar.

Sementara itu, Amrani kepala Puskesmas Loa Kulu saat dikonfirmasi melalui telepon tentang berita ini mengatakan bahwa,  ia sudah mengetahui penetapan tersebut meskipun belum menerima surat resminya. Namun pihaknya sangat bersyukur bahwa upaya yang dilakukan oleh seluruh staf Puskesmas yang masuk dalam Tim Teknis Penerapan Akreditasi Puskesmas Loa Kulu berjalan sesuai dengan harapan. Ia menjelaskan, penilaian yang dilakukan oleh Tim Surveyor sangat obyektif dan sesuai prediksi kami, hasil Penetapan Akreditasi Puskesmas Loa Kulu pada Tingkat Madya, namun yang lebih penting pihaknya akan mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas kepada masyarakat secara konsisten sesuai persyaratan dalam akreditasi.

Ia menambahkan Puskesmas Loa Kulu yang dulu sangat berbeda dengan yang sekarang, komitmen staf sangat tinggi untuk menegakkan kualitas pelayanan kepada masyarakat baik pelayanan di dalam gedung maupun diluar gedung. Dan pihaknya akan tetap melakukan perbaikan sistem manajemen yang disarankan oleh Tim Surveyor.

Diantara saran dari Tim Surveyor yang sudah dilakukan perbaikan oleh Puskesmas Loa Kulu adalah penerapan apel setiap hari sebelum kegiatan dilakukan, hal ini dimanfaatkan oleh Amrani untuk menjelaskan dan mengevaluasi kinerja harian staf dalam memberikan pelayanan didalam gedung dan diluar gedung.

Perbaikan juga dilakukan pada proses perencanaan yang diawali dengan melakukan survai mawas diri dengan menggali dan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat tentang program kesehatan , dan dari hasil identifikasi tersebut dibuat desain rancangan perencanaan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Perbaikan sektor lainnya dilakukan pada pelayanan tenaga medis dokter dengan menerapkan konsep wilayah, dimana tenaga dotkter yang ada bukan hanya melakukan pelayanan di dalam gedung namun peran dokter juga membantu pelayanan di Puskesmas Pembantu dan program Upaya Kesehatan Masyarakat lainnya. Pihaknya sudah membuat jadwal kunjungan dokter ke Pusban dan Polindes untuk setiap bulan serta jadwal kunjungan ke Posyandu dan UKBM lainnya 

Tidak kalah pentingnya dalam penerapan SOP pada program dan pelayanan,  maka ia menegesakan bahwa SOP yang dibuat bukan hanya sekedar menjadi dokumen “pajangan” namun juga dipahami dan dilaksanakan secara rutin sehingga dapat dilaksanakan secara “otomastis” bagi setiap staf.

Amrani bersyukur dengan telah diperolehnya penetapan Akreditasi bagi Puskemas nya, namun ia berharap dukungan dari semua pihak terutama oleh Dinas Kesehatan sebagai “bapak puskesmas” lebih memperhatikan dalam melakukan kontrol penerapan Akreditasi secara konsisten. Dengan upaya ini dan memperbaiki sistem manajemen yang disarankan oleh Tim Survaiyor dapat menjadi bahan untuk peningkatan strata Akreditasi dimasa mendatang.

“Sebagai Top Manajemen Puskesmas, langkah yang saya lakukan dalam mempertahankan penetapan akreditasi ini dengan menerapkan ketentuan - ketentuan dalam persyaratan Akreditasi untuk semua kegiatan manajemen dan program yang dilakukan secara konsisten” Tegasnya. (waa) 

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 79
Hari ini: 25
Total: 9029