Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PUSKESMAS MUARA BADAK AKAN TEMPATI GEDUNG BARU

Jumat, 4 Nopember 2016

“Sudah Dilengkapi Ruang IGD Dan Rawat Inap VIP” Abdul SamadTENGGARONG- Direncanakan

Januari tahun depan, Puskesmas Muara Badak sudah menempati gedung Baru yang sudah selesai pembangunannya sejak Desember tahun lalu. Gedung Puskesmas Baru nantinya lebih berbeda dari Puskesmas Muara Badak yang sekarang, sudah dilengkapi ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan tersedia Delapan ruang rawat inap standar VIP, demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“ Kita rencanakan, peresmian operasional gedung baru Puskesmas Muara Badak, sekitar bulan Januari 2017 saat pagelaran Peristiwa Merah Putih di kecamatan Sangasanga, “ kata Kadinkes Kukar drg. Koentijo Wibdarminto, melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan(SDK) Samad, saat ditemui diruang kerjanya.

Samad mengakui, meski sudah selesai pembangunan sejak tahun lalu, agak terlambat meresmikannya,  karena saat itu, sarana kelengkapannya belum tersedia, seperti pemasangan Instalasi Listrik dan Air, serta Meubeleir. Gedung baru Puskemas Muara badak yang masih satu jalur dengan gedung puskesmas lama masih di Jalan Bian Raga, lebih besar dari yang sekarang, dibangun dua tingkat, dengan pembangunannya secara dua tahap sesuai perencanaan.

“ Pembangunan tahap pertama 2013 lalu dengan anggaran sekitar Rp8,7, sedangkan pembangunan tahap kedua 2015 lalu dengan anggaran sebesar Rp6,5 miliar. Nantinya Puskesmas Muara Badak dengan fasilitas yang lebih meningkat bisa berubah status menjadi Puskemas Induk Plus, “ Jelasnya.

Samad menambahkan, jika Puskesmas sudah pindah ke gedung baru, maka akan diserahkan ke pihak pemerintah desa Muara Badak Ulu, karena masih tercatat milik asset pemerintah desa, setelah dilaporkan ke Badan Pengelolaan dan Aset Daerah(BPKAD) Kukar.“ Lahan Puskesmas Muara Badak lama masih milik Desa, “ ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kukar Rudiansyah menilai secara singkat, Puskesmas Muara Badak yang ada sekarang, belum bisa dikatakan Puskesmas yang menyediakan ruang rawat inap, karena ruang yang tersedia cukup sempit, bahkan ruang kerja Kepala Puskesmas saja tidak tersedia, sudah sangat layak Puskemas Muara Badak memiliki gedung baru yang refresentatif untuk melayani masyarakat.

Selain membangun Puskesmas Muara Badak, Dinkes Kukar juga membangun dua Pusban yang ada di desa Jantur kecamatan Muara Muntai, dan Pusban Muara Pantuan kecamatan Anggana. Pembangunan dua pusban ini juga sudah selesai, dan akan ditempati secepatnya.

“ Pusban yang ada di desa jantur dan Pantuan, berstatus Pusban Plus, akan ada dokter yang memberikan pelayanan di dua Pusban tersebut, sekalipun tidak tiap hari memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena letak Pusban tersebut sangat jauh, seperti Pusban Pantuan ada di pinggir Laut, “ pungkasnya.(Ry-Waa)

Simpan sebagai :

Berita terkait :