Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PUSKESMAS RAPAK MAHANG OPTIMIS RAIH STANDAR AKREDITASI NASIONAL MULAI TAHUN 2016

Jumat, 19 Agustus 2016

“Tim Surveyor Akreditasi Nasional Lakukan Penilaian Dokumen dan Kinerja Puskesmas Minggu ini (Agustus, red)” Imam Kabid Binkesmas

TENGGARONG- Puskesmas Rapak Mahang Tenggarong adalah salah satu dari enam Puskesmas yang sudah mempersiapkan diri untuk dilakukan penilaian oleh Tim Surveyor Akreditasi Nasional dari kementerian Republik Indonesia. Tim Surveyor akan melakukan penilaian selama tiga hari dari 11 s/d 13 Agustus 2016. Penilaian ini bukan hanya dilakukan terhadap manajemen kerja dan pelayanan yang diberikan puskesmas kepada masyarakat di puskesmas, akan tetapi lebih banyak survey ke lapangan. Ujar Imam Pranawa Kabid Binkesmas Dinkes Kukar saat ditemui di Ruang Pertemuan Puskesmas Rapak Mahang. (11/8).

Lanjut Imam, Puskesmas Rapak Mahang sebelum dilakukan penilaian ini  sudah lebih dahulu menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2008 sejak Tahun 2012. Dengan penerapan manajemen ISO ini maka akan lebih mudah berproses untuk penerapan Akreditasi Tingkat Nasional.
Hal senada juga disampaikan oleh Eko Marmono Kepala Puskesmas Rapak Mahang, yang mengatakan bahwa dokumen-dokumen ISO sebagian besar mempunyai prinsip yang sama dengan dokumen yang disyaratkan oleh Sistem Akreditasi, namun penerapannya lebih luas dari manajemen ISO.

Penilaian Akreditasi yang dilaksanakan selama tiga hari dilakukan oleh Tim Surveyor Nasional yang diketuai oleh Abdul Azim Hafeni. “ Pelaksanaan survey akreditasi sudah dipersiapkan oleh tim dengan baik. Survey yang kami lakukan selain mengkaji domuken juga melakukan peninjauan secara langsung ke Pusban dan Posyandu binaan Puskesmas Rapak Mahang, kemudian melakukan konfirmasi kegiatan puskesmas yang ada di masyarakat serta melakukan wawancara mendalam dengan tokoh-tokoh masyarakat” Ujar Azim pada saat di Aula Puskesmas Rapak Mahang (11/8). Lanjutnya dari kegiatan kajian survai ini, semua penilaian dikirm Ke Kementerian Kesehatan untuk dilakukan pendalaman lebih kurang tiga bulan sampai ditetapkan strata akreditasi untuk puskesmas tersebut.
Dia menambahkan, saat ini Kemenkes memiliki 85 tim surveyor akreditasi, yang akan melakukan survey ke 9.000 lebih puskesmas di Indonesia. Seluruh Tim Surveyor  telah dibekali kemampuan kompetensi dan siap melakukan survey akreditasi ke Puskesmas berdasarkan permohonan pihak puskesmas, Cuma terkadang jadwal yang ditentukan puskesmas terkadang berubah-ubah. Nilai akreditasi yang akan diterima nantinya mencakup puskesmas Dasar, Madya, Utama dan Paripurna.

KENDALA TIM SURVEYOR
“Ketika tim sudah siap melakukan survey, terkadang pihak puskesmas meminta kembali untuk dilakukan penundaan survey yang dilakukan tim, ini yang menjadi hambatan tim survey dalam menjalankan tugasnya. Belum ada puskesmas di Kaltim yang mendapatkan akreditasi Utama dan Paripurna. Kami memintan kepada Puskesmas untuk konsisten mempertahankan akreditasi yang sudah didapat, “ katanya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Rapak Mahang Eko Marmono mengatakan, Puskesmas Rapak Mahang memiliki gedung yang memadai, wilayah kerjanya mencakup empat kelurahan, Timbau, Melayu, Bukit Biru dan Jahab. Memiliki 21 bidan dan 48 posyandu. Dengan visi mewujudkan puskesmas yang berkualitas dan masyarakat mandiri untuk hidup sehat.
“Puskesmas Rapak Mahang telah melakukan kerjasama lintas Puskesmas, menyediakan berbagai pelayanan poli dan unit diantaranya adalah poli Klinik Diabetes yang diselenggarakan sejak 2010 lalu, dan terkait dengan upaya kesehatan masyarakat pihaknya sudah bekerjasama dengan kecamatan Tenggarong, “ paparnya.
Ia berharap hasil penilaian oleh Tim Surveyor Akreditasi Nasional terhadap Puskesmas Rapak Mahang bisa menetapkan strata akreditasi di Puskesmasnya, minimal  dengan Strata Madya. (waa/ran)

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 4
Hari ini: 18
Total: 11401