Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PUSKESMAS SANTUN LANSIA DI KUKAR

Selasa, 31 Oktober 2017

“Wujud Kepedulian Pelayanan Kesehatan Puskesmas Bagi Pasien Yang Lansia” Eko M, Kapus Rapak Mahang.

KUKAR :Dari hasil kajian statistik, komposisi penduduk kelompok umur lansia dalam lima tahun terakhir jumlahnya makin meningkat. Menyikapi hal ini beberapa Puskesmas di Kukar yang salah satunya Puskesmas Rapak Mahang menerapkan program Puskesmas Santun Lansia.  Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kemudahan pelayanan bagi pra lansia dan lansia. “Ini merupakan bentuk kepedulian dalam pelayanan kesehatan dan menghargai pasien yang lansia” Ujar Eko Marmono Kapus Rapak Mahang saat ditemui di kantornya (30/10)

Lanjut Eko menjelaskan bahwa Puskesmas santun Lansia adalah Puskesmas yang melaksanakan pelayanan kesehatan kepada pra lansia dan lansia yang meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang lebih menekankan unsur proaktif, kemudahan proses pelayanan, santun, sesuai standar pelayanan dan kerja sama dengan unsur lintas sektor.

Dalam menyelenggarakan program ini, sebagai kepala puskesmas ia menyiapkan sarana pendukung secara internal dan melakukan kegiatan secara eksternal.

Puskesmas menyediakan beberapa sarana yang memudahkan pelayanan bagi pasien lansia seperti menyediakan pegangan tangga, kursi roda, pegangan pada toilet, loket pendaftaran dan obat tersendiri, poli khusus lansia, memprioritaskan pemeriksaan laboratorium, pendaftaran Online melalui SMS disertai “request” pelayanan serta konseling melalui telepon.

Sedangkan untuk pelayanan diluar gedung, dilakukan “home visited dan home care” pada pasien yang tidak bisa datang ke Puskesmas serta melakukan kunjungan pelayanan di rumah. ”Kalo pasiennya tidak bisa datang, kita lakukan home visite dan home care. Home visite untuk pasien yang beresiko hipertensi dan PTM serta home care untuk pasien luka pada Diabetes Melitus” Ungkap Eko.

Untuk menguatkan program Santun Lansia ini, pihaknya juga melakukan integrasi dengan kegiatan Posbindu di kelurahan untuk melakukan screening resiko PTM dan Hipertensi, senam Diabet Melitus,  serta promosi kesehatan yang bekerja sama dengan Organisasi Persadia Kukar (Persatuan Diabetasi Indonesia Cabang Kukar).

 

Setiap tahun pihaknya juga melakukan lomba senam lansia, hal ini untuk memberikan motivasi dan memberi semangat pada para lanisa tersebut. Bila dicermati dampak dari program Puskesmas Santun Lansia ini sangat baik. “Cakupan pelayanan untuk lansia makin meningkat dan angka kesakitan resiko PTM makin menurun” Pungkas Eko. (wa)

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 20
Hari ini: 12
Total: 9787