Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

PUSKESMAS TABANG KEJAR BLUD TAHUN 2017

Jumat, 24 Maret 2017

“Presentasikan Rencana BLUD Ke Tim Penilai Kabupaten Kejar Ketertinggalan dari Puskesmas Lain” Imam Kabid Yankes 

TENGGARONG- Manajemen Puskesmas Tabang, Senin(20/3) kemarin melakukan persentasi persiapan perubahan status menjadi Badan Layanan Umum Daerah(BLUD), dihadapan tim BLUD Kukar. Puskesmas Tabang merupakan puskesmas terakhir, yang dilakukan penilaian oleh Tim BLUD Kukar. Beberapa puskesmas nantinya akan berubah menjadi BLUD penuh  dan sebagian tetap menerapkan BLUD secara bertahap.

“ Puskesmas Tabang merupakan puskesmas terakhir yang dilakukan penilaian oleh tim BLUD Kukar, dari 32 puskesmas se-Kukar, “ kata Kadinkes Kukar Koentijo Wibdarminto melalui, Kabid Kesehatan Masyarakat, Imam Purnawa.

Penilaian oleh Tim BLUD, yang terdiri dari Asisten 1 Setkab Kukar, Kabag Hukum dan Kesra, BPKAD, Itwil Kukar serta Guru Besar Febis Unikarta Prof Iskandar. Penilaian mencakup manajemen tata kelola puskesmas, system keuangan, dan SDM. Puskesmas Tabang diberikan kesempatan untuk memperbaiki berkas sampai senin pekan depan.“ Kekurangan dari puskesmas Tabang hanya pada sisi administrasi saja, “ ujarnya.

Imam menambahkan, penilaian seluruh puskesmas akan diumumkan nanti oleh tim BLUD Kukar, dari 32 puskesmas yang sudah dilakukan penilaian, nantinya ada puskesmas yang layak menjadi BLUD penuh dan ada juga yang masuk kategori BLUD bertahap. Meskipun sudah menyandang status menjadi BLUD penuh ataupun bertahap, namun diharapkan misi sosial untuk tetap membantu warga yang tidak mampu maupun miskin menjadi perhatian utama pada sistem BLUD yang berbayar tersebut dan diharapkan kepada puskesmas harus gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak kaget jika harus diterapkan sistem berbayar. BLUD sangat menguntungkan Puskesmas, pendapatan asli puskesmas bisa dipergunakan untuk belanja operasional Puskesmas tanpa menunggu bantuan dari Pemerintah Kukar melalui Dinkes.

“Belum ada jadwal pengumuman oleh tim BLUD Kukar, mana puskesmas yang layak menjadi BLUD penuh dan bertahap, “ jelasnya.

Sementara itu Kabag TU Puskemas Tabang, Simeon menambahkan, puskesmas Tabang sudah siap untuk menjadi BLUD, namun pihaknya lebih dahulu akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar masyarakat Tabang tidak syok jika dilakukan pelayanan bertarif, sedangkan sebelumnya pelayanan yang diberikan puskesmas tabang gratis.

“Pasti masyarakat akan kaget, sebelumnya berobat gratis, nanti akan dikenakan tarif berbayar, “ ucapnya.

Sementara itu anggota Tim BLUD Kukar, Prof Iskandar mengatakan, Tim Penilai akan selain melakukan penilaian juga memfasilitasi Penerapan BLUD bukan hanya RS pemerintah saja, namun seluruh puskesmas di Kukar juga akan diubah polanya menjadi BLUD. Keuntungan pola BLUD ini diberikan kebebasan mengelola keuangannya sendiri, tanpa harus disetorkan ke kas daerah, dana yang didapat bisa dipergunakan secara langsung untuk keperluan mendesak, seperti untuk membeli obat ketika stok obat kosong, atau keperluan lainnya, tanpa harus menunggu kucuran dana dari pemda, sedangkan kas dana pemda kadang belum tersedia dalam kondisi tertentu.(ry/waa)

 

Simpan sebagai :

Berita terkait :