Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | RaGaPanTas ( Gerakan Keluarga Peduli Pencegahan & Atasi Stunting ) | Better Information - Better Decision - Better Health

SEKDA SUNGGONO HADIRI SERTIJAB KADINKES BARU

Kamis, 6 Juni 2019

 

TENGGARONG- Sekda Kukar Sunggono menyempatkan hadir pada acara serah terima jabatan dari Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Arfan Boma kepada Kadinkes yang baru Martina Yulianti, yang saat ini juga merangkap jabatan sebagai Plt. Direktur RSUD AM Parikesit, Senin (10/6) di Gedung Pertemuan kantor dinas kesehatan Kukar. Acara sertijab juga dihadiri pejabat struktural Dinkes Kukar. Dalam sambutannya Sunggono menaruh harapan besar kepada kepala dinkes yang baru tersebut, karena Sekda menilai, Dinkes bisa lebih cepat menyelesaikan persoalan yang dialaminya.


Lebih lanjut Sunggono menyampaikan bahwa salah satu tugas berat yang harus dilakukan tim Diskes, bagaimana mengatasi persoalan kematian ibu dan bayi serta permasalahan stunting dan gizi buruk yang berkaitan dengan persoalan kemiskinan, “saya berharap rencana aksi yang sudah dibuat dapat dilakukan percepatan dalam penangannya” Ujarnya.

Salah satu kunci dalam penanganan persoalan diatas adalah dengan mengoptimalkan fungsi Posyandu. Saat ini Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapemasdes) Kukar sudah mendorong kepada pemeritahan desa untuk perbaikan posyandu-posyandu yang ada di desa. “konsepnya nanti dari diskes dalam upaya revitalisasi posyandu tersebut,”paparnya.

Masih menurut Sekda Sunggono, hal lain yang harus menjadi perhatian tim Diskes yang dipimpin Ibu Martina adalah, terpenuhinya pasokan obat yang ada di puskesmas-puskesmas jangan sampai tidak tersedia dan hal ini harus menjadi perhatian yang serius.

Sunggono menyampaikan arahan Bupati Kukar Edi Damansyah yang konsen terhadap bidang kesehatan, kunci keberhasilan dinas kesehatan tergambarkan bagaimana kualitas pelayanan di puskesmas. Secara fisik bangunan puskesmas di Kukar sudah bagus, namun yang lebih utama adalah prinsip dalam memberikan pelayanan kesehatan yang memberikan kepuasan bagi masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Yuli sapaan akrab kadinkes yang baru, yang juga seorang dokter spesialis penyakit dalam,  bahwa kesuksesan Dinas Kesehatan dapat dilihat bagaimana wajah pelayanan Puskesmas. “dinas kesehatan menjadi Supporting Sistem bagi kualitas pelayanan Puskesmas kepada masyarakat” ujarnya.

Disisi lain Sunggono masih melihat  ketimpangan, keberadaan dokter yang belum merata di Kukar, masih kekurangan dokter, serta saleri yang diterima dokter di Kukar masih minim, “Untuk itu alangkah baiknya bisa dibuat standar harga barang jasa(SHBJ) yang layak bagi dokter yang mengabdi di Kukar, kalau memang selama ini yang diterima minim,”jelasnya.

Sekda Sunggono mengingatkan pentingnya budaya kerja positif diinternal organisasi.  Budaya kerja yang baik akan menghasilkan penilaian yang baik. “kita bersyukur bahwa tidak ada temuan dari BPK terhadap laporan keuangan BLUD Puskesmas-puskesmas, ini harus terus dipertahankan” Ungkapnya. Diakhir sambutannya, Sunggono mengucapkan terima kasih kepada Plt. Kadiskes Arfan Boma yang sudah Sepuluh bulan membantu menjalankan organisasi dinas kesehatan.

“Kepada Kadiskes yang baru, saya berpesan jaga kesehatan, karena sangat berbeda dunia kerja RSUD AM Parekesit dan OPD Diskes,”pungkasnya.

 

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 27
Hari ini: 20
Total: 14258