Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

SELEKSI PUSKESMAS UNTUK MAJU KE AJANG PUSKESMAS BERPRESTASI NASIONAL

Jumat, 11 Maret 2016

KUKAR : Setelah tahun lalu, Kukar mampu meraih penghargaan Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional kategori Puskesmas Terpencil yang disandang Puskesmas Kahala, maka tahun ini Dinkes Kukar bertekad untuk bisa mempertahankan dan meraih penghargaan yang sama minimal untuk satu kategori yaitu Perkotaan, Pedesaan atau Terpencil. “Hal ini menjadi target kami, untuk meraih penghargaan pada ajang Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi maupun Nasional Tahun 2016” Ujar Ismi Kabid Yankes Dinkes Kukar.

Lanjutnya, meskipun kami punya target tersebut namun pihaknya tetap lebih mengutamakan tujuan utama yaitu pembinaan Puskesmas berprestasi dimanfaatkan untuk meningkatkan manajemen dan pelayanan kesehatan secara optimal. Delapan Puskesmas yang masuk nominasi lomba Puskesmas Berprestasi tingkat kabupaten tahun ini adalah :

1.      Kategori Perkotaan : Puskesmas Samboja, Loa Ipuh dan Mangkurawang

2.      Kategori Pedesaan  : Puskesmas Sebulu II, Muara Muntai, Prangat dan Handil Baru.

3.      Kategori Terpencil  : Puskesmas Kembang Janggut.

Dari tiga kategori wilayah puskesmas ini, Tim Penilai Lomba Puskesmas Prestasi Dinkes Kukar menentukan puskesmas yang terbaik untuk menjadi Juara tingkat Kabupaten dan puskesmas terbaik tersebut menjadi nominasi Lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Sebenarnya secara keseluruhan jumlah Puskesmas di Kukar sebanyak 32 unit, namun menurutnya belum semua puskesmas siap secara administratif dan manajemen untuk mengikuti ajang lomba Puskesmas Berprestasi, oleh karena itu pihaknya melakukan kajian mendalam terhadap seluruh puskesmas namun yang memenuhi persyaratan untuk menjadi nominasi tingkat Kabupaten hanya delapan Puskesmas. Ia berharap dimasa mendatang Puskesmas yang lain sudah menyiapkan dokumen administrasi dan manajemennya untuk menjadi nominasi secara bergantian dalam lomba Puskesmas Berprestasi mendatang.

 

Poin Penting Penilaian Puskesmas Berprestasi

Sesuai dengan ketentuan dalam petunjuk teknis Penilaian Puskesmas Berprestasi, maka Puskesmas yang diajukan sebagai peserta lomba tersebut harus sudah mnyiapkan persyaratan adminsitratif dan teknis pelayanan, yaitu :

1.      Dokumen administrasi dan menajemen

2.      Dokumen Penyelenggaraan Upaya Puskesmas

3.      Dokumen Upaya Penyelenggaraan Pelayaan Kesehatan Perorangan / klinis

4.      Kinerja Puskesmas

5.      Upaya Kesehatan Masyarakat Pengembangan, Upaya Inovasi dan Penghargaan.

Ia menjelaskan bahwa, semua kegiatan program yang ada di Puskesmas harus dilengkapi dengan Standar Operational Prosedur, ada Surat Keputusan Kepala Puskesmas untuk semua kegiatan program, ada foto-foto kegiatan dan mekanisme alur dalam proses perencanaan dan evaluasi. Disamping itu juga, kondisi lingkungan didalam dan diluar puskesmas menjadi nilai tambah.

Penilaian Lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Kabupaten dilaksanakan pada Bulan April 2016, selanjutnya pemenang untuk masing-masing kategori di tingkat Kabupaten akan dikirim ke tingkat Provinsi. Pada Bulan Mei 2016 Tim Penilai Provinsi melaukan penilaian Puskesmas Berprestasi nominasi dari kabupaten/kota yang hasilnya akan dikirim ke tingkat Nasional .

Ia berharap wakil Puskesmas terbaik dari Kabupaten Kutai Kartanegara dalam ajang Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional mampu menunjukkan keunggulannya menjadi Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional 2016.

(waa)

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 71
Hari ini: 25
Total: 9029