Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan | Better Information - Better Decision - Better Health

TIKET TIGA BESAR NASIONAL UNTUK PUSKESMAS BERPRESTASI RAPAKMAHANG

Jumat, 6 Oktober 2017

“Hasil Tim Penilai Puskesmas Berprestasi Kemenkes Memberikan “Lampu Hijau” Kepada Puskesmas Rapak Mahang Tenggarong Meraih Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional 2017” Kadinkes Kukar

 

KUKAR : Selama tiga hari Tim Penilai Puskesmas Berprestasi Kementrian Kesehatan melakukan kunjungan ke Puskesmas Rapak Mahang Kabupaten Kukar sebagai salah satu Nominator Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional Yang diusung oleh Dinkes Propinsi Kaltim. “Puskesmas Rapak Mahang adalah Puskesmas yang pertama kali terakreditasi utama di Kalimantan Timur dan sudah menerapkan pola pengelolaan keuangan BLUD secara penuh, jadi menurut saya tidak salah Dinkes Propinsi mengusungnya menjadi nominator puskesmas berprestasi tingkat nasional. Mudahan juga menjadi yang pertama puskesmas berprestasi ditingkat nasional” Ujar Kadinkes, Koentijo, saat opening meeting dengan Tim Kemenkes di Aula Puskesmas Rapak Mahang. (2/10)


Lanjut Koentijo, menjelaskan bahwa Puskesmas Rapak Mahang merupakan salah satu “Puskesmas Model” di Kukar dengan berbagai inovasi pelayanan di dalam gedung seperti pelayanan Klinik Batra, Klinik  Diabetes mellitus, Puskesmas Santun Lansia, Ramah Anak dan CBM ( Call Back Masyarakat) serta beberapa inovasi pada program UKM seperti Posbindu PTM Dasar,  GPIH (Gerakan Pemantauan Ibu Hamil), Posyandu Anak Sekolah, Pro Asik (Program Kawal ASI Eksklusif), Posyandu Anak Sekolah dan Klinik UBM (Upaya Berhenti Merokok). 

“Tidak salah Dinkes Kukar dan propinsi Kaltim memilih Puskesmas Rapak Mahang sebagai Puskesmas Berprestasi dengan berbagai inovasinya, mudahan juga menjadi pilihan pertama tingkat nasional oleh tim penilai prestasi dari Kemenkes” Ujar Koentijo.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Rapak Mahang, Eko Marmono, mengatakan Tim Penilai Kemenkes yang terdiri dari tiga orang melakukan penilaian selama tiga hari (2-4 Oktober). Hari Pertama pada saat opeing meeting dihadiri oleh kadinkes dan instansi lintas sektor kecamatan untuk mendengarkan paparan kepala Puskesmas terkait  proses manajemen umum, perencanaan, pelaksanaan kegaiatan, dan berbagai inovasi upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan .

Pada hari kedua tim penilai mulai melakukan telusur dokumen dan melakukan peninjauan ke unit-unit pelayanan didalam gedung serta melakukan kunjungan ke lintas sektor terkait.  Tim penilai Kemenkes yang diwakili oleh Siti Romlah melalui Eko mengatakan bahwa ia sangat kagum dengan kondisi 5R di Puskesmas Rapak Mahang dan berbagai inovasi pelayanan dalam gedung yang dilakukannya.

Pada hari ketiga, tim penilai melakukan kunjungan lapangan ke posyandu anak sekolah dan meninjau kegiatan  posbindu PTM serta meninjau ke Kelurahan Bukit Biru untuk melihat kegiatan Gerakan Pemantaun Ibu Hamil (GPIH). 

Pada saat “Closing Meeting” Tim Penilai menyampaikan kesimpulan dan sarannya. “Diharapkan Puskesmas melakukan perbaikan proses manajemen  secara umum dan mengoptimalkan pelaksanaan sistem manajemen mutu” Ujar Siti Romlah yang disampaikan oleh Eko.

Tiga anggota Tim  Penilai yang terdiri dari Siti Romlah, Dokter Irwan dan Dokter Santi sepakat memberikan “Tiket” kepada Eko Marmono selaku Kepala Puskesmas Rapak Mahang hadir di Jakarta untuk penetapan Puskesmas Rapak Mahang Sebagai salah satu dari tiga besar Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional. “Kami senang, tim penilai menyatakan puskesmas diberi tiket untuk menghadiri penetapan salah satu dari tiga besar Puskesmas berprestasi tingkat nasional di Jakarta, dan kami berharap Puskesmas Rapak Mahang menjadi yang pertama ditingkat nasional” Pungkasnya.

Simpan sebagai :

Berita terkait :