Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | RaGaPanTas ( Gerakan Keluarga Peduli Pencegahan & Atasi Stunting ) | Better Information - Better Decision - Better Health

TIM RIFASKES KUKAR MULAI BERAKSI

Kamis, 2 Mei 2019

 

“Enumeraator Rifaskes Kukar ini dibagi menjadi tujuh tim yang akan menyebar ke seluruh Fasyankes untuk pengumpulan data” Weldy, Penanggung Jawab Operasional Riset.

KUKAR : Kementrian Kesehatan melalui Badan Litbangkes nya, secara berkala melalukan berbagai riset dan survai untuk mengevaluasi keberhasilan dari upaya pembangunan kesehatan.  Pada tahun ini Kementrian Kesehatan menyelenggarakan Riset Fasilitas Kesehatan atau Rifaskes di seluruh Indonesia termasuk di seluruh Kabupaten dan Kota Provinsi kalimantan Timur. Terkait dengan kegiatan tersebut, Dinas Kesehatan Kukar menyelenggarakan acara pelepasan Tim Enumerator Rifaskes yang menandakan dimulainya Riset ini di seluruh Fasyankes Kukar . “Hari ini (29/04) Tim Enumerator Rifaskes akan menyebar ke seluruh Fasyanskes  yang menjadi lokus riset” Ujar Weldy, Penanggung Jawab Operasional Rifaskes Kukar, saat memberikan sambutan pada acara tersebut.


Weldy juga menjelaskan bahwa, Riset Fasilitas Kesehatan ini merupakan riset secara nasional yang ditujukan untuk mengevaluasi pelayanan kesehatan pada program JKN. Berkaitan dengan riset ini, Di Kabupaten Kuta Kartanegara telah ditentukan lokus Fasyankesnya yaitu seluruh Puskesmas, 1 Klinik swasta dan 1 Bidan Praktik Mandiri. “Kami sudah berkoordinasi dengan semua Puskesmas dan Fasyankes yang lain, agar mereka mendukung dan menyiapkan diri ketika pengumpulan data riset dilakukan oleh para enumerator” ujarnya.

Weldy juga menjelaskan bahwa dukungan tenaga riset ada 14 orang enumerator dengan profesi utama Bidan, Perawat dan sebagian dari profesi Kesmas dan Kesling . Mereka dibagi menjadi 7 Tim yang akan menyebar ke Fasyankes yang sudah ditentukan dengan waktu pelaksanaan kurang lebih selama 20 hari.

Dalam melakukan tugasnya, Tim Enumerator didampingi oleh Penanggung Jawab Teknis Riset atau PJT. Tugas utama PJT Riset melakukan pengawasan jalannya riset dan pengendalian pengumpulan data yang dilakukan oleh para enumerator.

Sementara itu, Ally Kafesa, selaku PJT Riset yang ditugaskan di Kabupaten Kukar yang juga berprofesi sebagai Dosen di salah satu Universitas Kota Bandung, mengatakan bahwa untuk menjaga validitas dari riset ini, ia akan melakukan kunjungan pendampingan secara berkala ke seluruh Tim Enumerator dan selalu melakukan koordinasi melalui media komunikasi agar sinkronisasi data dapat berjalan lancar. Ia berharap kondisi fisik seluruh Tim Enumerator terjaga dengan baik sampai selesainya riset dilakukan. “Semoga semua berjalan lancar dengan hasil pengumpulan data yang valid dan optimal” Pungkasnya.

 

Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 26
Hari ini: 68
Total: 14640