Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | RaGaPanTas ( Gerakan Keluarga Peduli Pencegahan & Atasi Stunting ) | Better Information - Better Decision - Better Health

UKBM WUJUD NYATA PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN KESEHATAN

Rabu, 14 Agustus 2019

Tenggarong  - Tolak ukur keberhasilan  Universal health coverage (UHC ) atau  Cakupan kesehatan semesta bukan hanya  peningkatan jumlah kepesertaan  Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Akan tetapi suatu rangkaian upaya yang holistik, strategis, dan integral dari semua upaya pembangunan kesehatan pada seluruh tahapan siklus kehidupan manusia.

cakupan kesehatan semesta telah tercapai kalau masyarakat telah menjadi peserta JKN dan seluruh penduduk sudah memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu, baik upaya promotif, preventif, deteksi dini, pengobatan, rehabilitatif  dan paliatif tanpa terkendala masalah biaya. Jadi jauh lebih kompleks dari sekedar kepesertaan JKN.

Kesehatan bukan semata –mata tanggung jawab pemerintah atau lembaga kesehatan saja tetapi juga merupakan tanggung jawab masyarakat  bahkan tanggung jawab setiap orang. 

Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyrakat ( UKBM) adalah wahana pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan yang dibentuk atas dasar kebutuhan masyarakat, dikelola oleh, dari, untuk dan bersama masyarakat dengan pembinaan sektor kesehatan, lintas sektor dan pemangku kepentingan terkait lainnya seperti diatur dalam Permenkes no. 8 tahun 2019.

Dinkes kab. Kutai Kartanegara  melalui tenaga pendamping  yang salah satu perannya sebagai katalisator pemberdayaan masyarakat, memberikan pembekalan atau pelatihan kepada para kader kesehatan  sehingga nantinya mampu menjadi mitra yang handal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

seperti yang terlihat di Puskesmas Sebulu II, para kader sangat antusias mengikuti mini workshop untuk meningkatkan kompetensi dasar setiap kader kesehatan dalam melaksanakan fungsinya sebagai penggerak, penyuluh dan pelapor permasalahan kesehatan di lingkungan tempat tinggalnya.