Responsive image
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara | RaGaPanTas ( Gerakan Keluarga Peduli Pencegahan & Atasi Stunting ) | Better Information - Better Decision - Better Health

WASPADA TRIPLE BURDEN OF DISEASES

Selasa, 6 Agustus 2019

 

Tenggarong – Menurut data Global Burden of Disease  2017 kematian yang diakibatkan  Penyakit Tidak Menular ( PTM ), yaitu penyakit jantung dan Stroke menduduki peringkat  pertama dan ketiga.

PTM merupakan salah satu dari tiga penyakit yang dikelompokkan dalam  tiga beban penyakit (triple burden of diseases).

Tiga beban penyakit itu adalah pertama, telah bergesernya penyakit menular ke arah penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, diabetes, kanker, dan sebagainya. Kedua, muncul ancaman penyakit infeksi baru, seperti flu burung, ebola, dan TBC Resisten Obat. Ketiga, masyarakat masih dihadapkan pada masalah penyakit menular yang belum selesai, seperti Demam Berdarah, TBC, Malaria, HIV/AIDS, Filariasis, dan Kecacingan.

Untuk menghadapi tantangan tersebut , Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai leading sektor  di bidang kesehatan ,mengadakan Pertemuan untuk meningkatkan kapasitas Pengelola Program P2PTM (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular) dari 32 Puskesmas di seluruh Kab.Kutai Kartanegara.

“Kita berharap dengan updating ilmu pengetahuan tentang  deteksi dini faktor risiko PTM, sistem informasi pelaporan berbasis web (SIPTM) serta peningkatan skill tenaga kesehatan dalam penatalaksanaan kasus PTM di Puskesmas, bisa meningkatkan Capaian SPM Program P2PTM sebagai salah satu indikator keberhasilan Pencegahan dan Pengendalian PTM di Kabupaten Kutai Kartanegara” ucap Kabid P2PL  Imam Pranawa  Utama, disela – sela acara pembukaan pertemuan tersebut.

Pertemuan ini sendiri menghadirkan narasumber  drg. Rochmad, beliau adalah Kasi PTM dan Keswa  Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :

   KATEGORI       

Link Aplikasi

Link Terkait

STATISTIK

Online: 8
Hari ini: 48
Total: 14930